Erick Ingin Pelita Air Berkuasa di Langit RI, Bukan Internasional

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 11:47 WIB
Penerbangan Perdana Pelita Air
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Hari ini Pelita Air Service (PAS) resmi mulai terbang secara reguler. Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Pelita Air bakal difokuskan untuk menerbangkan rute-rute domestik.

Erick mewajibkan Pelita Air untuk fokus melayani penerbangan domestik. Dia meminta maskapai pelat merah anak usaha Pertamina ini tidak membuka satupun rute penerbangan internasional.

"Selama ini kita BUMN tidak fokuskan dirinya. Maka saya minta dan mengharuskan Pelita ini jadi salah satu tulang punggung industri domestic flight. Bukan internasional," kata Erick kepada wartawan dalam acara Inaugural Flight Pelita Air di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Kamis (28/4/2022).

Bahkan, dalam sambutannya, Erick sempat berkelakar bila Pelita meminta slot penerbangan ke Angkasa Pura II selaku operator bandara jangan diberikan.

"Catat pak, kalau minta internasional jangan dikeluarin. Ini jangan out of focus pokoknya," ujar Erick.

Dia bilang peluang bisnis rute penerbangan domestik Indonesia sangat besar, namun belum banyak dimanfaatkan. Menurutnya, sebelum COVID-19 saja, 72% industri penerbangan di Indonesia didominasi oleh layanan domestik.

Bila bicara potensi pasarnya, ada kue senilai Rp 1.400 triliun hanya dari penerbangan domestik saja. Sementara penerbangan internasional hanya Rp 300 triliun.

"Kan kita negara kepulauan, penduduknya 273 juta. Sebelum COVID itu data industri penerbangan, baik pariwisata, perjalanan dinas, dan lain-lain itu 72% domestic flight. Dengan kue ekonomi Rp 1.400 triliun. Internasional hanya Rp 300 triliun," ungkap Erick Thohir.

Menurut Erick pun, saat ini industri penerbangan sudah mulai bangkit. "Kan sudah mulai bangkit, ini ada momen mudik, perjalanan dinas, perjalanan wisata," imbuhnya.

Di sisi lain, juga meminta holding pariwisata BUMN, InJourney juga ikut membantu Pelita Air tumbuh dengan memasukkan maskapai ini ke dalam ekosistem pariwisata terintegrasi Indonesia.

"Saya sudah pesan tidak hanya Pelita tapi holding dari Injourney mulai merajut ekosistem yang ada di BUMN dengan networking-nya bagaimana kita fokus bangun domsetik tourism," kata Erick Thohir.



Simak Video "Maskapai Pelita Air Kini Layani Penerbangan di YIA"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)