Tol Trans Sumatera Mulai Ramai Diserbu Pemudik, Kendaraan Melonjak 50%

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 13:47 WIB
Gerbang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Gerbang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar/Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih dari 8 ribu kendaraan dari Jawa memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada lima hari jelang Lebaran.

Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang masuk ke JTTS via GT Bakauheni Selatan per Rabu (27/4) malam. Total lalin yang memasuki JTTS ini meningkat 52,58% dibanding angka lalin pada periode normal.

Walau angka kendaraan yang melintas sudah cukup besar, namun Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan VLL dan puncak arus mudik akan terjadi pada Jum'at (29/4). Hal ini dikarenakan cuti bersama baru mulai diterapkan pada tanggal tersebut.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa mayoritas kendaraan yang melintas rata-rata menuju arah Lampung via GT Kotabaru dan Palembang via GT Kayuagung Utama.

"Dari pantauan kami, mayoritas kendaraan yakni 6.970 atau sekitar 85% kendaraan keluar di Lampung lewat GT Kotabaru sedangkan sisanya menuju arah Palembang," ujar Dwi dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Dwi juga menambahkan bahwa hingga saat ini belum terjadi kepadatan baik di gerbang tol maupun di jalan tol yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan tol selama masa mudik. Namun pemudik diminta untuk mempersiapkan dengan baik rencana perjalanan, kendaraan termasuk pengemudi.

"Agar semua merasa aman dan nyaman, kami minta pemudik untuk mempersiapkan konsisi fisik pengemudi dan kendaraan. Pastikan juga saldo uang elektronik dan BBM cukup selama di perjalanan. Kalau lelah segera menuju rest area untuk beristirahat dan gunakan fasilitas dengan bijak," tutup Dwi.

Selain di Tol Lampung-Palembang, Hutama Karya juga mencatat sebanyak lebih dari 15 ribu kendaraan telah melintas di JTTS pada H-5 lebaran. Angka tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari 5 GT yakni GT Pekanbaru sebanyak 6959 kendaraan, GT Binjai sebanyak 4.688, GT Indrapuri sebanyak 513 kendaraan, GT Bengkulu sebanyak 1.691 kendaraan, & GT Bangkinang sebanyak 1.733 kendaraan.

Pengguna jalan dihimbau agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Patuhi kecepatan minimum dan maksimum yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di mana pun berada. Jangan lupa, untuk isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup selama diperjalanan.

Lihat juga video 'Mau Mudik Pakai Mobil? Segini Tarif Tol Trans Jawa':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/das)