Wajib Baca! Ini Tips Mudik Lebaran Biar Aman dan Nyaman

ADVERTISEMENT

Wajib Baca! Ini Tips Mudik Lebaran Biar Aman dan Nyaman

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2022 12:45 WIB
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022)/Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Arus mudik Lebaran 2022 sudah berlangsung sejak beberapa hari ini. Berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan ada 85 juta penduduk Indonesia yang akan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Terjadi peningkatan 62% pada pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka. CEO Transport Traveloka Iko Putera mengungkapkan berdasarkan data internal, jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi).

Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan mencapai 112% jika dibandingkan dengan tahun 2019.

"Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan," jelas dia, Jumat (29/4/2022).

Melihat adanya peningkatan minat dan kondisi pandemi yang perlahan mulai terkendali, momen libur Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai rencana perjalanan, baik mudik atau sekedar refreshing ke destinasi impian. Kamu bisa menentukan destinasi baik domestik atau internasional yang tentunya harus disesuaikan dengan budget.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin mudik:

Pertama, kondisi badan harus sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat saat sahur dan berbuka, minum vitamin dan tetap terhidrasi dan membawa botol sendiri. Kedua, menerapkan protokol kesehatan, walaupun kondisi pandemi sudah mulai terkendali, penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, tetap wajib dilakukan, pastikan sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Ketiga, menggunakan moda transportasi yang tepat. Menurut data Litbang Kementerian Perhubungan, sekitar 47% total pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Bagi masyarakat yang ingin menikmati perjalanan darat tapi tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat memilih transportasi darat lain seperti bus dan shuttle.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT