ADVERTISEMENT

Orang Terkaya RI Terjun ke Jalan, Bagi-bagi Sembako Jelang Lebaran

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2022 19:00 WIB
Dato Sri Tahir
Orang Terkaya RI Terjun ke Jalan, Bagi-bagi Sembako Jelang Lebaran/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pengusaha Nasional Dato Sri Tahir melakukan kegiatan sosial dengan membagi-bagikan sembako jelang Lebaran. Pria yang juga merupakan salah satu orang terkaya RI itu sudah membagikan total 100.000 sembako tahun ini di seluruh Indonesia.

Tahir melakukan kegiatan sosial itu melalui lembaga sosial miliknya Tahir Foundation. Pembagian sembako itu disebar ke beberapa wilayah dari Sumatera hingga Papua.

"Kami Tahir Foundation sudah membagikan 100 ribu parcel dari Papua sampai ke Sumatera, termasuk Jawa. Ini memang itu aktivitas kita setiap tahun. Jadi kalau sudah selesai semua baru kita cuti," tuturnya, Jumat (29/4/2022).

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Tahir Foundation masih melakukan aktivitas tersebut dengan menggandeng Pemuda Pancasila. Total ada 1.000 paket sembako yang disalurkan kepada anak yatim dan dhuafa.

Sebagai pengusaha, Tahir mengaku sudah keharusan untuk melakukan kegiatan sosial. Bahkan menurutnya pengusaha jika berpikir secara logika memberikan bantuan justru akan membantu bisnisnya sendiri.

"Pengusaha itu yang smart harus bantu rakyatnya. Karena kalau rakyatnya mampu, baru bisa beli barangnya," ucapnya.

"Itu secara logika, tapi sebagai warga negara juga kita sudah hidup menikmati pelayan negara. Kita utang budi ya kita kembalikan ke negara ini, ini sebuah logika," tambahnya.

Tahir yang merupakan keturunan Tionghoa ini mengakui bahwa dirinya sejatinya berasal dari habitat lingkungan masyarakat yang kurang mampu. Oleh karena itu dirinya tidak merasa berat hati sekalipun memberikan bantuan di luar komunitasnya.

Aksi sosialnya juga dilakukan diberbagai negara, termasuk negara-negara timur tengah, seperti Suriah, Jordania dan Palestina. Bahkan dirinya mengaku memiliki cucu angkat di negara Timur Tengah.

(das/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT