Harga Daging Sapi Melesat, Apa Solusinya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 01 Mei 2022 23:00 WIB
Harga daging sapi dan daging ayam potong di sejumlah pasar di Surabaya naik.
Foto: Esti Widiyana/detikJatim
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan PT Berdikari anggota holding pangan BUMN ID Food untuk mengantisipasi lonjakan harga daging sapi. Salah satunya, adalah dengan melakukan mobilisasi sapi bakalan lokal dari peternak-peternak di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang telah dilakukan dari awal tahun 2022 pada triwulan 1.

Selain itu pada awal April Berdikari juga telah mendatangkan sapi bakalan dari negara Australia.

"Dari mobilisasi tersebut, saat ini sapi hidup siap potong ini tersedia sebayak 1.481 ekor dan ini akan terus berdatangan melalui Berdikari, sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional RI untuk mobilisasi hingga 5.000 ekor sapi lokal dan luar," kata Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara dalam keterangannya, Minggu (1/5/2022).

Selain mobilisasi sapi hidup, Berdikari juga telah menerima penugasan khusus 20.000 MT daging beku dari negara Brasil setiap tahunnya sejak 2020. Khusus untuk menjamin ketersedian stok daging sapi menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) direncanakan datang 5.000 MT pada akhir Mei dan awal Juni 2022.

Langkah tersebut merupakan lanjutan arahan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022.

"Jadi masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan daging kerbau beku," terang Arief.

Untuk menjamin akses ketersediaan dan harga yang terjangkau, saat ini Berdikari bekerjasama melalui mitra penjualan di modern market, pasar basah, e-commerce dan jaringan Gerai Daging Berdikari. Terpantau harga stabil di kisaran mulai dari Rp 110.000 saat dilakukan kunjungan langsung ke sentra daging mitra reseller daging Berdikari perorangan, Jaringan LotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Food di beberapa titik lokasi di Jakarta, hari Selasa 26 April 2022.

"Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari bekerjasama dengan mitra penjualan dan jaringan Gerai Daging Berdikari," terangnya.

"Saat ini Berdikari secara rutin telah memasok lebih dari 36 ton/bulan daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market seperti toko daging Best-meat, Prima fresh mart, dan LotteMart, pasar basah, e-commerce dan jaringan Gerai Daging Berdikari, untuk memasok daging sapi beku asal Brasil dengan kisaran harga jual di masyarakat Rp 115 ribu sd 140 ribu per kg untuk daging sapi," imbuhnya.

(acd/dna)