ADVERTISEMENT

Mainan China Jadi 'Raja' di Pasar Gembrong, Ini yang Paling Laku

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 04 Mei 2022 09:30 WIB
Pedagang mainan di Pasar Gembrong
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom: Pedagang mainan Pasar Gembrong semringah di momen Ramadan-Lebaran 2022
Jakarta -

Pasar Gembrong menjadi salah satu surga mainan yang terletak di Jakarta Timur. Pedagang di pasar ini menjajakan berbagai jenis mainan, mulai dari mainan lokal hingga impor. Untuk mainan impor, produk China adalah yang paling mendominasi.

Alif, salah satu pedagang di Pasar Gembrong berujar jika mainan impor China lebih diminati dibanding mainan lokal. "Kalo mainan impor China keluar 8, yang lokal cuman 4," katanya kepada detikcom, Selasa (3/5) kemarin.

Selain kualitas yang bagus, Alif mengatakan jika mainan China punya harga yang bisa bersaing dengan produk lokal. Berikut 5 mainan impor China paling laku di Pasar Gembrong.

Hoverboard

Hoverboard atau papan transportasi bertenaga listrik kekinian menjadi produk China yang cukup diincar pengunjung. Di pasar Gembrong, Hoverboard dibanderol antara Rp 1,2 juta sampai Rp 1,9 juta, tergantung ukuran. "Yang 6,5 inch kita jual Rp 1.250.000. Kalo yang 8 inch Rp 1.950.000," kata Alif.

Hoverboard buatan China ini punya daya tempuh hingga 10 km saat daya baterainya penuh. Sedangkan bobot maksimal yang bisa ditahan adalah 80 kg untuk ukuran 6,5 inch, dan 120 kg untuk ukuran 8 inch.

Drone

Drone juga dijual pedagang di Pasar Gembrong. Di sini Drone dijual dengan harga murah, mulai dari Rp 200 ribuan sampai dengan Rp 400 ribuan. Semua Drone merupakan produk impor yang berasal dari China.

Drone paling murah dijual seharga Rp 245 ribu dengan merk BO607. Drone ini belum dilengkapi dengan kamera. Lalu ada SIX-EYED SQ800 yang dibanderol Rp 375.000. SIX-EYED SQ800 sudah dilengkapi dengan kamera resolusi 2MP. Drone murah lainnya adalah E88 Pro yang dihargai Rp 485.000. Drone ini dilengkapi kamera 720P, Wi-Fi transmission dan daya terbang selama 20 menit.

Pistol/Senapan mainan

Pistol/senapan mainan juga cukup diminati di Pasar Gembrong. Lagi-lagi China menjadi pengekspor terbesar pistol/senapan mainan yang beredar di Pasar Gembrong. Harga yang dibanderol pedagang bervariasi mulai dari Rp 90 ribu sampai Rp 800 ribu.

Konsumen utama pistol mainan adalah anak-anak. Terpantau banyak orang tua yang membawa anak-anak mereka untuk membeli pistol mainan di Pasar Gembrong.

Mobil Mini

Jenis mainan impor lain yang cukup diburu adalah mobil mainan anak-anak. Kebanyakan pedagang mengimpornya dari China dengan ukuran dan model yang beragam. Berbeda dengan mobil mainan lokal yang tidak memiliki mesin, mobil mini asal China dilengkapi dinamo dan aki sehingga bisa dikontrol menggunakan remote.

Menurut Buyung, salah satu pedagang yang menjual mobil mainan, meskipun diimpor dari China namun kualitasnya terjamin. Ia menjelaskan jika daya jelajah mobil bisa mencapai 3 km. "Kalau baterai penuh bisa sampai 3 km non-stop," katanya. Adapun harga mobil mainan dibanderol antara Rp 900 ribu sampai Rp 5.5 juta.

Moto mini

Motor mini di pasar gembrong juga didominasi oleh produk asal China. Bahkan menurut Alif tokonya memang hanya mengimpor mainan motor mini dari China.

Harga motor mini dibanderol bervariasi, antara Rp 900 ribuan sampai Rp 5 jutaan. Untuk motor mini bertenaga baterai harganya cenderung lebih murah. Sedangkan motor mini dengan isi ulang BBM harganya lebih mahal. "Kalau pake BBM memang lebih mahal, tapi dia belum SNI," kata Alif.

Simak Video 'Curhat Penjual Mainan di Pasar Gembrong, Warga Mudik Bikin Omzet Turun':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT