PNS WFH Usai Lebaran, Tjahjo: Jadi Kesempatan buat Isoman

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 12:30 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersama jajarannya menghadiri rapat kerja (raker) dengan Komisi II DPR RI.
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan kebijakan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri yang bisa bekerja dari rumah (work from home/WFH) bisa jadi kesempatan isolasi mandiri (isoman) usai mudik Lebaran.

"Selain untuk mendukung kelancaran arus balik mudik Lebaran, sistem bekerja dari rumah bisa jadi kesempatan untuk isoman setelah kita dan keluarga kembali dari daerah, dari kampung halaman, atau berlibur mengingat pandemi COVID belum sepenuhnya berakhir," ujar Tjahjo dalam konferensi pers virtual disiarkan di saluran YouTube Kementerian PANRB, Senin (9/5/2022).

Kebijakan WFH bagi PNS dan TNI/Polri diharapkan bisa mencegah penularan COVID-19 usai libur Lebaran.

"Harapannya kerja dari rumah dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan kasus positif COVID-19," lanjutnya.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan PNS dan TNI/Polri yang bisa WFH seminggu usai Lebaran merupakan mereka yang kembali dari kampung halaman usai puncak arus balik.

"Atas masukan Kapolri, masukan Kementerian Perhubungan khusus untuk ASN termasuk TNI/Polri yang mudik diberi pelonggaran bisa kembali ke Jakarta H-2 atau H+2, H+3, dan bagi yang H+ bisa tetap aktif bertugas di K/L dan pemda dengan kerja di rumah," katanya.

Lihat juga Video: Tak Ada WFH, ASN Ciamis Masuk 100 Persen Usai Libur Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(ara/fdl)