Dirut Bandara Jeddah Dipecat Buntut Penumpang Terlantar, Ini Penggantinya

Dana Aditiasari - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 13:07 WIB
Bandara Internasional King Abdulaziz International Airport Jeddah.
Foto: Getty Images/mtcurado
Jakarta -

Rapat Dewan Direksi Bandara Jeddah Airports Company yang mengoperasikan Bandara Internasional King Abdulaziz di Arab Saudi memutuskan untuk mencopot Direktur Utamanya, Rayan Al-Tarabzouni.

Mengutip middleeast-24.com, Senin (9/5/2022), disebutkan bahwa Dewan Direksi menunjuk Ayman bin Abdulaziz Abu Ubadah sebagai penggantinya.

Sebagai bos baru Bandara Jeddah, Ayman dipandang memiliki pengalaman luas lebih dari 28 tahun di mana ia memegang beberapa posisi kepemimpinan, yang terakhir adalah wakil CEO untuk operasi di Perusahaan Bandara Riyadh, tambah surat kabar Okaz.

Keputusan tersebut diambil karena yang bersangkutan dianggap gagal mengantisipasi kekisruhan di bandara internasional tersebut.

Mengutip Gulfnews, Senin (9/5/2022) selama libur lebaran, media Saudi memuat gambar dan rekaman yang menunjukkan ratusan jemaah haji yang berangkat dari berbagai negara terdampar di bandara dan tidak dapat mengakses penerbangan mereka.

Penggantian itu dilakukan beberapa hari setelah Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Saudi Saleh bin Nasser memerintahkan pembentukan komite mendesak untuk menyelidiki penundaan penerbangan di bandara.

Pejabat bandara sebelumnya menyalahkan kemacetan pada perusahaan penyedia umrah yang mereka tuduh membawa jemaah ke bandara jauh sebelum jadwal penerbangan mereka.

Krisis itu telah berakhir dan bandara telah kembali normal setelah upaya dari berbagai lembaga, TV Saudi Al Ekhabriya melaporkan, menunjukkan rekaman lalu lintas penumpang di dalam fasilitas.

(dna/ang)