Meninggal Dunia, Ini Kisah Darmo Hadipranoto Dirikan Ice Cream Campina

ADVERTISEMENT

Meninggal Dunia, Ini Kisah Darmo Hadipranoto Dirikan Ice Cream Campina

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 17:42 WIB
Darmo Hadipranoto
Foto: Dok. Instagram Campina Ice Cream
Jakarta -

Salah satu Komisaris dari perusahaan es krim PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) Darmo Hadipranoto tutup usia.

Dikutip dari keterbukaan informasi idx.co.id, Sekretaris Perusahaan PT Campina Ice Cream Industry Tbk Sagita Melati mengungkapkan Darmo meninggal pada 9 Mei 2022.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa Bapak Darmo Hadipranoto, yang menjabat sebagai Komisaris Perseroan telah meninggal dunia pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022. Perihal susunan Dewan Komisaris terbaru dari Perseroan akan kami sampaikan pada pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terdekat," kata dia dalam keterbukaan dikutip Senin (9/5/2022).

Dalam laman resmi Campina, Darmo merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang lahir dan berdomisili di Surabaya.

Darmo juga merupakan salah satu pendiri Campina sejak 1972 dan dia berpengalaman sebagai importir dan kontraktor. Dia menyelesaikan pendidikan SMA di St. Stephen Collage, Hong Kong bidang studi IPA.

Kemudian, Darmo juga memiliki hubungan afiliasi dengan salah satu direksi perseroan tapi tak punya hubungan afiliasi dengan anggota dewan komisaris lainnya.

Campina didirikan Darmo pada 1972. Saat itu usahanya masih industri rumahan dan berbentuk Firma bernama CV Pranoto dengan merek dagang Campina.

Tempat produksi berada di Jalan Gembong Sawah Surabaya yang merupakan kediaman pribadi Darmo. Campina berkembang pesat, 10 tahun kemudian mendirikan pabrik baru di Kawasan SIER.

Pada 1994, Campina mengubah perusahaan dari Firma menjadi Perseroan Terbatas menjadi PT Campina Ice Cream Industry.

Lalu pada 2017 Campina melakukan Penawaran Umum Saham Perdana pada 19 Desember dan resmi mengantongi kode emiten CAMP. Pada 2018 Campina juga menjadi partner dan pendukung gelaran Asian ParaGames 2018.



Simak Video "Saham Meta Meroket 23%, Kekayaan Mark Zuckerberg Tembus Rp 1000 T"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT