Minta Belanja APBN-BUMN Dikebut, Jokowi: Jaga Daya Beli!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 22:15 WIB
Ilustrasi Presiden Jokowi
Foto: Ilustrator Edi Wahyono
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar belanja pemerintah pusat, daerah hingga BUMN dikebut. Hal itu untuk menjaga konsumsi dan daya beli masyarakat.

Jokowi pun meminta agar para menteri terkait memonitor belanja di setiap kementerian lembaga hingga BUMN.

"Saya ingin ingatkan lagi APBN, APBD, BUMN harus mampu membangun kemandirian serta ketahanan ekonomi. Sehingga percepatan realisasi belanja APBN, APBD dan juga di BUMN harus betul-betul disegerakan untuk menjaga konsumsi, menjaga daya beli," kata Jokowi dalam Pengantar Sidang Kabinet Paripurna, Senin (9/5/2022).

"Dan saya minta para menteri yang berkaitan dengan ini agar memonitor belanja-belanja di setiap kementerian lembaga dan juga di daerah dan juga di BUMN," sambungnya.

Selain itu, Jokowi meminta agar kualitas belanja diperhatikan. Ia ingin belanja pemerintah berdampak pada ekonomi masyarakat ke bawah.

"Perhatikan sekali lagi kualitas belanjanya, outcome-nya harus berdampak pada ekonomi rakyat bawah. Saya sudah berulang-ulang kali menyampaikan beli produk-produk dalam negeri sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan APBN, APBD maupun yang berkaitan dengan anggaran BUMN," ujarnya.

(acd/dna)