ADVERTISEMENT

Daftar Negara 'Tak Bersahabat' yang Bikin Putin Ngamuk dan Mau Balas Dendam

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 11:20 WIB
Perang Ukraina: Uni Eropa minta warganya kerja dari rumah demi kalahkan Putin
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin benar-benar akan membalas dendamnya kepada negara yang bertubi-tubi melayangkan sanksi ke Rusia. Negara yang akan terkena denda Putin dianggap sebagai negara tidak bersahabat.

Negara yang masuk daftar negara tidak bersahabat, termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, dan negara-negara anggota Uni Eropa. Demikian dikutip dari Reuters, Selasa (10/5/2022).

Negara-negara itu jelas akan kena balasan dari Putin karena hingga saat ini masih terus melayangkan sanksi baru kepada Rusia. Rilis daftar negara tidak bersahabat bagi Rusia pernah dirilis dalam dekrit pemerintah Rusia.

Balasan yang akan dikenakan Putin, salah satunya mewajibkan negara-negara itu membeli bahan bakar dari Rusia dengan mata uang rubel Rusia. Jika tidak, pembelian bahan bakar akan diberhentikan, seperti yang dialami oleh Polandia dan Bulgaria.

Makanya, negara tidak bersahabat wajib membuka rekening di bank swasta Rusia, Gazprombank. Jadi, pembayaran dengan euro dan dolar bisa dikonversi ke rubel.

Daftar negara tidak bersahabat versi Putin, dikutip dari TASS News Agency yang mengutip dekrit pemerintah Rusia ada di halaman berikutnya:

Australia
Albania
Andorra
Inggris (termasuk Jersey, Anguilla, British Virgin Islands, Gibraltar)
Negara anggota Uni Eropa (UE)
Islandia
Kanada
Liechtenstein
Mikronesia
Monako
Selandia Baru
Norwegia
Korea Selatan
San Marino
Makedonia Utara
Singapura
Amerika Serikat (AS)
Taiwan
Ukraina
Montenegro
Swiss
Jepang



Simak Video "Putin Sebut Barat Gunakan Pogrom Hancurkan Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT