ADVERTISEMENT

Beri Wejangan CPNS Kemenperin, Agus Gumiwang: Harus Lincah Terhadap Perubahan

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 16:25 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita beri arahan CPNS Kemenperi/Dok Kemenperin
Foto: Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita beri arahan CPNS Kemenperi/Dok Kemenperin
Jakarta -

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar acara Inspiring Lecture di Ruang Garuda gedung Kemenperin, Jakarta pada Selasa (10/5/2022) pagi. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mmeberi petuah kepada para CPNS.

Selain digelar offline di kantor Kemenperin, acara ini turut dihadiri Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenperin secara online dari beberapa kota di Indonesia.

Agus meminta CPNS untuk bersifat agile demi menghadapi persaingan global. Ia pun menekankan pentingnya kerja sama untuk menghasilkan output yang memuaskan.

"Teman-teman CPNS sebagai talenta muda dituntut untuk agile dalam artian lincah dan tangkas dalam menghadapi perubahan, serta siap berkolaborasi," kata Agus

Selain itu CPNS diharapkan memenuhi kriteria Smart ASN yang berlandaskan akhlak dan branding bangga melayani bangsa. Dengan begitu ASN akan mampu menjalankan perannya dalam melayani dan memajukan industri nasional.

Hal ini sesuai dengan Nilai dasar ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN 'Bangga Melayani Bangsa' yang diluncurkan Presiden Joko Widodo 27 Juli 2021.

Adapun Nilai dasar BerAKHLAK meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Selain itu CPNS Kemenperin diminta untuk melanjutkan tren positif yang berhasil dicapai sektor industri. Menurut Agus sektor industri menyumpang kontribusi terbanyak sebesar 19,19%, lebih baik dibanding sektor lainnya.

Agus menargetkan capaian kontribusi ke PDB sebesar 24% di tahun 2030 bisa dipenuhi CPNS baru kemenperin. "Tapi ingat pesan saya, perjuangkan 2030 kontribusi manufaktur terhadap PDB itu bisa 24%," katanya.

Dengan formasi CPNS yang didominasi Generasi Milenial dan Gen Z, Agus berharap mereka cepat beradaptasi dan mampu menjawab tantangan yang diberikan.

Wejangan lain yang Agus berikan adalah agar CPNS tidak takut terhadap tekanan dari luar. Yang terpenting setiap kebijakan harus diambil demi kebaikan bangsa.



Simak Video "24 Produsen Minyak Goreng Diberi Warning, Distribusinya Masih di Bawah 5%"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT