LIVE! d'Mentor : Berburu Saweran Gift di Live Media Sosial

dtv - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 14:13 WIB
Jakarta -

Mencari uang di platform digital kini lebih mudah dari hari-hari sebelumnya. Untuk menggaet engagement, tidak perlu menjadi ahli dalam bidang tertentu, atau terkenal dan menonjol dalam suatu komunitas. Memperoleh cuan di media sosial, cukup dengan mengaktifkan kamera dan fitur live, kemudian jaring antusiasme penonton.

Setidaknya, itu yang tergambar di dunia media sosial baru-baru ini. Pemilik akun bisa membuat satu sesi live atau berkolaborasi dengan user lain untuk membuat suatu kegiatan secara bebas, sisanya adalah menanti para 'sultan' memberi gift di sela-sela siaran langsung itu.

Puncak fenomena ini adalah munculnya aksi live 24 jam nonstop oleh akun TikTok @DJ_Penyokgim milik komedian Caisar Aditya. Imbasnya, masyarakat dunia maya di Indonesia heboh karena ada anggapan bahwa Caisar mengonsumsi narkoba di sela-sela kegiatannya.

Terlepas dari hal itu, kegiatan serupa memang sudah ramai dilakukan oleh banyak akun di berbagai platform media sosial. Menariknya, setiap gift yang diberikan oleh para penonton bisa dikonversikan menjadi rupiah dalam jumlah tertentu. Tidak jarang, nilainya mencapai angka fantastis, hal inilah yang membuat orang beramai-ramai mencoba peruntungan mereka.

Bukan hanya itu, besarnya engagement yang diperoleh ternyata menjadi salah satu daya tarik dari sponsor atau brand yang ingin 'numpang' jualan melalui akun media sosial itu. Namun ada beberapa kualifikasi lain yang perlu diperhatikan agar live laku di mata sponsor atau menarik penonton untuk memberi hadiah yang banyak.

d'Mentor akan mengulasnya untuk memperoleh gambaran lengkap bagaimana fenomena ini terjadi dalam tema "Berburu Saweran Gift di Live Media Sosial". Menghadirkan Firmansyah Business Development Manager Starngange Indonesia, DJ Kimmi Ortus (content creator), dan Fajar M. Triawinata (content creator), Saksikan d'Mentor Kamis, 12 Mei 2022 pukul 19.00 WIB di detikcom. Bagi anda yang ingin ambil bagian dalam diskusi, silakan bergabung melalui lini Zoom yang akan ditampilkan di sepanjang acara.

(ed/vys)