Bilqis Kalah dari China di Piala Uber, Segini Hadiah yang Melayang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 15:19 WIB
Bilqis Prasista curi atensi usai kalahkan Akane Yamaguchi. Namun langkahnya terhenti di Uber Cup 2022 usai takluk dari wakil China 21-19, 18-21 dan 7-21.
Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista berhasil menarik perhatian dalam gelaran Uber Cup 2022. Atlet muda berusia 19 tahun itu berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi yang berada di puncak ranking bulu tangkis dunia.

Putri pasangan legenda bulutangkis nasional Joko Supriyanto-Zelin Resiana ini pun langsung jadi buah bibir.
Bilqis, sejauh ini hanya bertengger di ranking 333 dunia. Dia mampu tampil tenang hingga mampu menumbangkan Akane, yang berada di puncak ranking dunia.

Bilqis berjumpa Akane di partai pembuka laga antara Indonesia dengan Jepang babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, pada Rabu (11/5/2022).

Di pertandingan itu, Bilqis menunjukkan tajinya dengan membuat Akane takluk cuma dalam dua gim secara langsung. Akane bertekuk lukuk menghadapi Bilqis dengan skor 21-19, 21-19.

Sayangnya, di perempatfinal perjuangan Bilqis usai pada gelaran Uber Cup 2022. Bilqis kalah dari He Bing Jiao. Bilqis menangi gim pertama 21-19, kalah 18-21 di gim kedua dan takluk 7-21 di gim ketiga.

Sebelumnya, tim Bilqis yang lain, Komang dan Febriana/Amalia kalah dari lawan-lawannya. Akhirnya, wakil Indonesia harus angkat koper lebih cepat dalam kompetisi Uber Cup 2022 ini.

Kalah di perempatfinal, berapa sih hadiah Uber Cup 2022 yang bisa dikantongi Bilqis dkk bila berhasil memenangi kompetisi?

Dalam catatan detikcom, Piala Thomas Dan Piala Uber adalah turnamen tim. Artinya, tidak ada kumpulan hadiah secara nominal uang khusus untuk individu. Tetapi biasanya para pemenang akan mendapatkan hadiah dari negaranya masing-masing.

Meski tak mendapatkan hadiah uang, pemenang Thomas dan Uber Cup justru tetap mendapatkan hadiah yang tak ternilai. Hal itu adalah kebanggaan atas kemenangan yang direbut lantaran terkait gengsi antar negara.

Terlebih Piala Thomas dan Uber adalah salah satu turnamen bulu tangkis terbesar setelah Kejuaraan Dunia BWF dan Inggris Terbuka.

Tim Indonesia sendiri sempat memenangkan gelaran Thomas dan Uber Cup di edisi sebelumnya. Kemenangan direngkuh tim bulutangkis putra, artinya Piala Thomas berhasil dibawa pulang ke Indonesia.

Karena kemenangan itu, Tim Piala Thomas Indonesia resmi mendapatkan guyuran bonus dari pemerintah. Total bonus berjumlah Rp 10 miliar yang diberikan pada Desember 2021 yang lalu.

(hal/dna)