Presedensi G20, RI Dapat Mandat Kembangkan UMKM

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 11:23 WIB
Presidensi G20 Indonesia
Foto: Kemenkominfo
Jakarta -

Indonesia memegang mandat Presidensi G20 pada tahun 2022. Melalui forum ini Indonesia berusaha membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tangguh pasca terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Dalam mengembangkan UMKM dibutuhkan akses keuangan inklusif lewat pemanfaatan teknologi. Dengan transformasi ekonomi berbasis digital, akses UMKM terhadap inklusi keuangan menjadi lebih luas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan jika forum G20 adalah forum strategis untuk mengembangkan ekonomi digital. Ia pun mengapresiasi berbagai pihak yang terus bekerja mewujudkan hal ini.

Dalam acara Presidensi G20 Sinergi Membangun UMKM Tangguh Pasca Pandemi Melalui Teknologi Finansial dan Penguatan Logistik di Indonesia yang diselenggarakan lewat Zoom, Jumat (13/5/2022), Airlangga mengungkap jika inklusi keuangan menjadi agenda pembangunan global.

"Pemerintah Indonesia mengapresiasi global partnership for financial inclusion yang telah mengkoordinasikan rencana aksi inklusi keuangan sebagai pilar utama dari agenda pembangunan global," ungkap Airlangga.

Ia mengungkap jika pemerintah sebagai pemangku kebijakan mendukung berjalannya kerja sama demi meningkatkan ekonomi melalui UMKM. Indonesia akan memaksimalkan forum G20 menuju transformasi digital.

"Presidensi G20 Indonesia akan terus terbuka dan mendukung kerja sama dengan berbagai pihak baik antar pemangku kepentingan dalam negeri maupun kerja sama dengan negara-negara G20 dan organisasi internasional untuk mengimplementasikan upaya transformasi ekonomi yang adaptif responsif dan inklusif," ujarnya.

Airlangga juga menambahkan jika Indonesia akan terus gencar melakukan inisiatif program keuangan inklusif pada semua kelompok masyarakat. Hal ini menjadi salah satu pilar dalam strategi pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional.



Simak Video "Indonesia Buka Kemungkinan Undang Ukraina di Presidensi G20"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)