Jumat Pertama Setelah Libur Panjang Lebaran, Pasar Masih Sepi

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 11:28 WIB
Suasana Pasar Tebet Jumat (13/5/2022)
Foto: Suasana Pasar Tebet Jumat (13/5/2022) (Shafira Cendra Arini/detik.com)
Jakarta -

Suasana Pasar Tebet Timur pada pukul 07.30 hari ini terpantau masih sepi pengunjung, dibandingkan dengan hari-hari biasanya, Jumat (13/05/2022). Beberapa gerai pedagang pun terlihat masih ditutup dikarenakan pedagang yang belum kembali dari mudik lebaran.

Salah seorang pedagang daging sapi, Heru menuturkan bahwa memang sejak libur lebaran kondisi pasar terutama area daging tergolong sepi pengunjung.

"Sudah berjualan dari lima hari kemarin, tapi memang di minggu setelah lebaran ini pasar masih sepi, masih banyak yang libur," tutur dia.

Meskipun pasar terbilang sepi dibandingkan hari-hari biasanya, penurunan jumlah pengunjung bagi toko-toko penjual sembako dirasa tidak terlalu signifikan bagi sebagian besar pedagang toko. Begitu pula yang dirasakan Dwi, pemilik toko sembako di Pasar Tebet Timur.

"Kalo ke toko ini terbilang masih ga terlalu sepi. Mungkin karena jualnya kebutuhan pokok sehari-hari ya."

Tidak berbeda jauh dengan Pasar Tebet Timur, kondisi Pasar Tebet Barat juga terpantau sepi pengunjung, terutama bagi pedagang daging.

"Sepi banget neng ini. Biasanya mah rame. mungkin orang abis uangnya di kampung pas mudik," ujar salah satu pedagang ayam potong Pasar Tebet Timur, Hengki, kepada detikcom, Jumat (13/05/2022).

Hengki juga menambahkan, beberapa hari setelah lebaran pasar masih terbilang ramai pengunjung. Diduga hal tersebut terjadi karena masyarakat belanja untuk kebutuhan halal bi halal.

Hal berbeda juga dirasakan oleh pedagang toko sembako di pasar ini, Ucip.

"Yah sebenernya ga beda jauh mba, beginilah Pasar Tebet Barat. Mungkin kalo daging karena lagi mahal-mahal juga. Kalo disini yang mahal cabe, minyak, sama bawang merah, ujar dia.

Ucip juga menambahkan, sepinya pengunjung juga bisa jadi karena hari ini adalah hari Jumat dimana ada pelaksanaan ibadah sholat jumat.

"Iya karena ada sholat jumat dan besok juga weekend. Jadi biasanya rame lagi di Sabtu," tutur Ucip.

Terlihat bahwa penurunan pengunjung yang signifikan di kedua pasar kebanyakan terjadi pada gerai-gerai daging. Selain karena mudik lebaran, hal ini merupakan dampak dari tingginya permintaan daging menjelang lebaran dan belum kembalinya harga daging, baik itu ayam dan sapi, ke harga normal.

(dna/dna)