Angka Kecelakaan Turun di Mudik 2022, Ini Sederet Jurus yang Sudah Dilakukan

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 15:34 WIB
Pantauan arus balik menuju arah Jabodetabek di KM 54 Jakarta-Cikampek terlihat lancar malam ini. Ini foto-fotonya!
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mobilitas arus mudik dan arus balik masyarakat pada Lebaran tahun 2022 ini tercatat tinggi. Hasil survey Kementerian Perhubungan mengekspresikan bahwa animo masyarakat yang mudik ada sebanyak 85,5 juta.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan pihaknya bersama pemerintah pun telah turut aktif, dalam mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Jasa Raharja turut aktif bersama-sama pemerintah mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 ini, dengan melaksanakan siaga untuk melayani para korban kecelakaan selama 16 Hari dari yaitu dari tanggal 25 April-10 Mei 2022," kata Rivan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (15/5/2022).

Sebelumnya, dalam mengantisipasi mudik Lebaran tahun ini, Polri telah melaksanakan Operasi Ketupat 2022 pada periode 28 April-9 Mei 2022. Berdasarkan data dari Korlantas Polri, tercatat terjadi 3.457 kasus kecelakaan lalu lintas. Di mana jumlah itu turun 11% dibandingkan tahun 2019. Dari kasus kecelakaan tersebut mengakibatkan 530 korban meninggal dunia dan dibandingkan tahun 2019 mengalami penurunan 40%.

Rivan menjelaskan bahwa pada periode tersebut, Jasa Raharja telah membayarkan santunan sebesar Rp 99,2 M naik 10,6% dari periode yang sama Tahun 2019. Santunan tersebut terdiri dari santunan untuk meninggal dunia Rp 73,3 M yang naik 12%, dan santunan untuk korban luka-luka sebesar Rp 25,9 M, naik 6,8% dibandingkan periode Lebaran 2019.

"Kinerja kami dalam penyerahan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban pada periode tersebut, rata-rata dapat diserahkan dalam waktu rata-rata kurang dari 24 jam sejak waktu kejadian. Sementara, waktu penyelesaian berkas santunan lengkap rata-rata 15 menit," katanya.

Rivan juga menambahkan bagi korban luka-luka yang masih dirawat di Rumah Sakit, akan diterbitkan surat jaminan melalui sistem pelayanan online yang terintegrasi dengan RS. Sehingga, biaya rawatan akan dijamin Jasa Raharja dengan maksimal Rp 20 juta.


Sebelumnya, pihak Rivan juga telah mengadakan pengecekan jalur bersama Korlantas Polri Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN untuk kesiapan sarana dan prasarana transportasi public. Termasuk stasiun, terminal, bandara, hingga jalan tol.

Penerapan kebijakan Korlantas Polri seperti pemberlakuan contra flow hingga one way di ruas tol Jakarta - Semarang pada saat arus mudik dan arus balik, juga terbukti efektif membuat perjalanan mudik 2022 lebih aman dan nyaman. Namun demikian, Rivan menganggap proses evaluasi harus tetap berlangsung untuk meningkatkan kinerja ke depan.

Program mudik gratis bersama BUMN 2022 juga telah sukses mengalihkan 40 ribu orang mudik, yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke moda transportasi umum.

Penurunan jumlah korban kecelakaan itu merupakan wujud keberhasilan semua pihak yang telah bekerja bersama untuk menjalankan amanah Presiden Joko Widodo. Rivan juga menyampaikan bentuk apresiasinya kepada semua pihak tersebut.

"Dan tidak lupa kami juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan media massa, atas dukungannya dalam membantu mengkomunikasikan serta menyebarluaskan semua kebijakan pemerintah terkait penanganan mudik Lebaran 2022 ini kepada masyarakat. Juga terima kasih kepada seluruh masyarakat , yang telah menaati arahan pada saat arus mudik dan arus balik sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas selama Lebaran 2022 ini dapat terwujud," tutup Rivan.

(dna/dna)