Sebelum Bac**, Simak Nih Adab Turun Pesawat Biar Nggak Malu Ditegur

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 21:00 WIB
Penumpang Pesawat Marah Ditegur Karena Nyerobot
Foto: Penumpang Pesawat Marah Ditegur Karena Nyerobot (Istimewa/@*o*bie_*yna)
Jakarta -

Media sosial sedang dihebohkan video berisi cekcok antara ibu-ibu dan perempuan muda di pesawat. Perempuan muda tersebut diduga telah menyerobot antrean saat mau turun dari pesawat.

Ibu-ibu yang melihat tampak dibuat kesal hingga menegur perempuan muda itu. Di situ lah cekcok mulai terjadi.

"Makanya sekali-kali penerbangan ke luar negeri. Kalau attitude seperti itu pramugari berhak tegur," ucap ibu-ibu tersebut dikutip dari akun @*o*bie_*yna, Minggu (15/5/2022).

"Bea ba ceo cot, bac**," jawab perempuan muda itu kepada ibu tersebut.

Ibu tersebut tetap mencecar perempuan muda itu dan menyebutnya kampungan karena dinilai tidak tahu aturan. "Kalau orang yang baru pertama naik pesawat ya seperti Anda. Tanda-tanda orang kampung seperti kamu," kata ibu-ibu tersebut.

"Bea ba ceo cot, bacot, ya kamu yang kampung," balas perempuan muda.

"Kamu yang kampung. Kamu nggak paham ada anak kecil, di depan anak kecil, mereka terganggu, orang tua kamu tidak mendidik dengan baik," lanjut ibu-ibu menegurnya.

Tak tahan dengan teguran saat menyinggung orang tua, nada perempuan itu langsung meninggi dan merasa tidak terima jika ibu-ibu tersebut membawa orang tua.

"Nggak usah bawa-bawa orang tua deh, kenapa?" ucap perempuan muda itu dengan nada tinggi.

Aturan Turun Pesawat

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan aturan turun pesawat. Dia mengatakan bahwa selama prosesnya, penumpang harus mengikuti instruksi awak kabin.

"Saat proses keluar dari pesawat (disembark), Lion Air Group telah mengatur sebagai upaya memberikan kenyamanan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," kata Danang kepada detikcom.

Penumpang dipersilakan turun jika posisi pesawat sudah berada pada tempatnya atau parkir pesawat (apron), itu pun harus berurutan dimulai dari posisi depan. Penumpang dipersilakan berdiri jika antrean sudah sampai pada kursi penumpang yang ditempati.

"Berurutan mulai 5 baris kursi pertama, diikuti 5 baris kursi berikutnya dan seterusnya. Barang bawaan diambil sesuai urutan dari tempat duduk (seat)," jelasnya.

Saat dikonfirmasi apakah insiden cekcok itu berada di salah satu maskapai Lion Air Group, Danang mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Dari video yang beredar memang tak menunjukkan jelas jenis maskapai yang digunakan.

(aid/dna)