11 CEO Perusahaan Top Dunia Asal India, Ada yang Gantikan Bill Gates!

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 11:51 WIB
sundar pichai, anjali pichai
Foto: dok. Getty Images
Jakarta -

Orang-orang India telah secara progresif telah berperan banyak di seluruh perusahaan dunia, selama bertahun-tahun. Banyak orang India maupun berdarah India, yang menjadi Chief Executive Officer (CEO) sebagai jabatan tertinggi di sebuah perusahaan paling sukses di dunia.

Orang India telah terbukti menjadi pionir dalam berbagai bidang, termasuk sains, seni, olahraga, dan teknologi. Menurut statistik 2015, India menyumbang sepertiga dari semua insinyur di Silicon Valley (AS) dan 10% dari CEO bisnis teknologi tinggi dunia. Sementara itu, ada sebanyak 30% perusahaan yang masuk dalam Fortune 500, CEO-nya adalah orang India.

Pasti dari kalian penasaran, siapa saja kah mereka? Nah, berikut ini adalah daftar dari 11 CEO perusahaan multinasional terkemuka dunia yang berasal dari India.

Daftar CEO Perusahaan Terkenal Dunia asal India

Melansir laman Inventiva, Selasa (17/5/2022), berikut adalah daftar 11 CEO perusahaan terkenal dunia asal India:

Sundar Pichai

Sundar Pichai adalah CEO dari perusahaan Alphabet Inc. dan Google. Pada 10 Agustus 2015, Pichai diangkat sebagai CEO Google, menyusul penunjukan CEO Larry Page. Pria bernama lengkap Pichai Sundararajan itu, di Madurai, Tamil Nadu, India pada 10 Juni 1972.

Satya Nadella

Satya Narayana Nadella adalah Ketua Eksekutif dan CEO Microsoft. Ia telah ditambahkan ke daftar CEO kuat asal India. Mengikuti Bill Gates dan Steve Ballmer sebagai dua CEO pertama Microsoft, Nadella diangkat sebagai CEO Microsoft ke-3 pada 4 Februari 2014.

Parag Agrawal

Parag Agrawal adalah CEO Twitter sejak 29 November 2021. Ia menggantikan Jack Dorsey yang mengundurkan diri. Pada tahun 2011, Agarwal bergabung dengan Twitter sebagai insinyur perangkat lunak, lalu menggantikan Adam Massinger sebagai Chief Technology Officer (CTO) pada Oktober 2017.

Leena Nair

Leena Nair adalah CEO Chanel, salah satu brand merek rumah mode terkemuka asal Prancis. Dia terpilih sebagai wanita pertama dan CEO termuda Chanel di bulan Januari 2022 lalu. Ia dikenal sebagai seorang Eksekutif Bisnis berdarah Inggris-India.

Amrapali Ami Gan

Amrapali Gan adalah CEO baru OnlyFans, perusahaan layanan berlangganan konten internet yang berbasis di London. Ia diangkat sebagai CEO OnlyFans pada 21 Desember 2021, setelah sang Founder Tim Stokely, mengundurkan diri. Sebelum diangkat menjadi CEO OnlyFans, Ami telah bekerja 4 tahun sebelumnya, sebagai konsultan dengan Arcade Agency.

Shantanu Narayen

Shantanu Narayen adalah CEO Adobe Inc. Ia diangkat sebagai CEO pada Desember 2007. Narayan lahir di Hyderabad, India, dan memulai karirnya di perusahaan Apple. Sebagai CEO Adobe, Narayen bertugas untuk mengawasi transformasi perusahaan, termasuk mengalihkan waralaba perangkat lunak dokumen kreatif dan digital perusahaan ke cloud, hingga program unggulan seperti Photoshop, Premiere Pro, dan Acrobat/PDF.

Arvind Krishna

Arvind Krishna adalah CEO International Business Machines Corporation (IBM), perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Pada April 2020, ia diangkat sebagai CEO IBM, dan pada Januari 2021, ia diangkat sebagai Ketua perusahaan.

Sanjay Mehrotra

Sanjay Mehrotra adalah CEO Micron Technology saat. Ia dinobatkan sebagai CEO, setelah Mark Durcan pensiun pada Februari 2017. Sebelumnya, ia berhasil mendirikan SanDisk, hingga perusahaan diakuisisi oleh Western Digital pada 2016.

Jayshree Ullal

Jayashree Ullal adalah Presiden dan CEO Arista Networks, sebuah bisnis jaringan cloud yang berbasis di Santa Clara, AS. Salah satu pendiri Arista Networks, Andy Bechtolsheim dan David Cheriton, telah menunjuk Ulal sebagai CEO dan Presiden pada Oktober 2008.

NikeshArora

Nikesh Arora adalah CEO dan Ketua Palo Alto Networks sejak Juni 2018. Pada tahun 2004, Arora juga sempat bekerja di Google. Namun, pada Juli 2014, ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai wakil presiden senior dan chief business officer di Google.

George Kurian

George Kurian diangkat sebagai CEO dan Presiden Netapps pada Juni 2015. Netapps merupakan perusahaan penyimpanan komputer dan manajemen data berhak paten yang berpusat di Sunnyvale, California. Ia menjadi CEO, setelah menjabat sebagai wakil presiden eksekutif operasi produk perusahaan selama dua tahun.

Nah, itu tadi daftar CEO perusahaan multinasional terkemuka dunia yang berasal dari India.

Lihat juga video 'Kisah CEO Mahdi, Ada Kemuliaan di Bisnis Minuman Kekinian':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)