Terkuak! Begini Alotnya PKPU Garuda

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 21:15 WIB
Maskapai Garuda Indonesia
Foto: Syanti/detikcom
Jakarta -

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah mengajukan perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) selama 30 hari. Upaya ini diambil lantaran masih ada pihak yang masih keberatan terkait masalah utang.

"Masih ada pihak-pihak lessor yang masih belum deal baik besaran potongan maupun lamanya, perpanjangan," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Selasa (17/5/2022).

Oleh sebab itu, Arya mengatakan, Garuda meminta perpanjangan waktu. Arya juga menuturkan pihaknya ingin restrukturisasi jelas dan berjalan dengan baik.

"Kalau ini berhasil dalam 2-3 tahun sudah sama dengan kondisi paling bagus untuk Garuda," ujarnya.

"Ini tak sekadar lolos PKPU tapi juga menjadi menarik untuk investor baru juga. Ini akan jadi sehat mereka dalam tempo 2-3 tahun ke depan," tambahnya.

Bicara investor, pihaknya tengah mencari calon baik dalam dan luar negeri. Namun Arya bilang, akan lebih bagus jika investor itu berasal dari dalam negeri.

Yang pasti pemerintah mencari mitra yang kondisi keuangannya bagus.

"Yang penting kita sudah mulai cari-cari siapa investor yang masuk, yang sehat fundamentalnya, yang bisa juga support bisnisnya Garuda," katanya.

Sebagai informasi, Panja Komisi VI DPR telah memberi restu terkait skema penyelamatan Garuda. Dalam penyelamatan maskapai pelat merah ini, Panja menyetujui usulan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun dan memahami adanya opsi investor strategis.

(acd/hns)