Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian, Biar Simpanan Bisa Hasilkan Cuan

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 12:56 WIB
Pegadaian buka kapan setelah Lebaran 2022? Lembaga tersebut tidak beroperasi selama periode cuti bersama Lebaran 2022.
Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sekarang ini ada berbagai cara mudah untuk berinvestasi. Salah satunya yakni melalui Tabungan Emas Pegadaian.

Dengan tabungan emas Pegadaian ini, kini masyarakat bisa menabung emas dari mana saja dan kapan saja. Tentunya selain menabung, pengguna juga bisa memantau harga emas Pegadaian selama satu bulan baik harga jual maupun harga beli.

Nantinya, pengguna bisa mencairkan tabungan emas Pegadaian tersebut dengan cara dijual kembali atau dicetak.

Adapun saldo emas yang dapat dijual kembali ini minimal sebesar 1 gram dan maksimal 100 gram per hari di outlet maupun aplikasi Pegadaian. Bila ingin dicetak, pengguna bisa melakukan pencetakan dalam jenis Antam, UBS, atau Galeri 24 dengan ukuran 1, 2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram.

Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

-Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor)
-Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
-Membayar biaya transaksi Tabungan Emas

Biaya Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian

Adapun, biaya pembukaan rekening tabungan emas gratis atau Rp 0 di Pegadaian digital. Sedangkan di outlet dan agen Pegadaian akan dikenakan biaya Rp 10.000.

Selain biaya pembukaan rekening, ada juga biaya penitipan, biaya pembelian saldo emas, hingga biaya transaksi. Biaya penitipan di outlet, agen, dan Pegadaian Syariah Digital adalah Rp 30.000, sedangkan Pegadaian digital Rp 0 alias gratis pada 1 tahun pertama.

Biaya pembelian saldo emas di outlet 0,01 gram, di Pegadaian Digital Rp 50 ribu, di Pegadaian Syariah Digital Rp 70 ribu, dan di agen Pegadaian Rp 57.500. Terakhir, biaya transaksi hanya dikenakan di agen pegadaian sebesar Rp 2.500.

Langkah Pembuatan Tabungan Emas Pegadaian

Setelah melengkapi persyaratan, detikers bisa datang langsung ke outlet atau agen Pegadaian terdekat. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pembukaan tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Setelah memutuskan untuk membuat tabungan Emas Pegadaian, pengguna harus mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor). Terakhir, lakukan transaksi agar bisa menabung emas.

Selamat mencoba Tabungan Emas Pegadaian!

(fdl/fdl)