Lin Che Wei Sempat Terlibat di Kemendag Saat Heboh Harga Minyak Goreng Naik

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 23:15 WIB
Tersangka baru kasus pemberian fasilitas ekspor CPO Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati
Foto: dok. Kejagung: Lin Che Wei tersangka kasus
Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) buka suara keterlibatan Lin Che Wei di kementerian itu. Ternyata, tersangka baru kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor bahan baku minyak goreng (crude palm oil/CPO) itu sempat terlibat di Kemendag pada saat ramai masalah harga minyak goreng melonjak.

Pasalnya Lin Che Wei dianggap mempunyai banyak pengetahuan tentang sawit, makanya Kemendag melibatkannya untuk bisa memberikan masukan.

"Yang melibatkan Kementerian Perdagangan, sejak bermasalahnya minyak goreng. Sejak adanya permasalahan minyak goreng harga tinggi, karena dia merupakan tenaga ahli yang mempunyai banyak pengetahuan tentang sawit, maka kita ajak diskusi, itu saja," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, kepada detikcom, Rabu (18/5/2022).

Selain itu, Oke mengatakan Lin Che Wei juga dipercaya memberi masukan tentang skema program masalah persawitan. Namun, Oke menegaskan, secara struktur dan jabatan Lin Che Wei tidak ada hubungannya dengan Kemendag.

"Pada saat itu dia dimintakan konsultasi untuk komunikasi dengan... Apa ya, dia memberikan masukan lah tentang skema program yang diinikan. Tidak ada hubungan, tapi dia mendapat untuk berdiskusi masalah kebijakan di pemerintah," ujarnya.

"Nggak, nggak pernah (bekerja di Kemendag). Diskusi masalah persawitan, intinya itu aja," tambahnya.

Keterangan dari Oke ini untuk memperjelas bagaimana status Lin Che Wei di Kemendag. Sebagaimana diketahui Kejaksaan Agung menyatakan, Lin Che Wei (LCW) merupakan pihak swasta yang direkrut tanpa kontrak dan surat keputusan, tetapi ikut ambil kebijakan.

"LCW ini adalah orang swasta yang direkrut oleh Kementerian Perdagangan tanpa surat keputusan dan tanpa suatu kontrak tertentu tetapi dalam pelaksanaannya, dia ikut menentukan kebijakan tentang peredaran prosedur tentang distribusi minyak goreng," ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin, Rabu (18/5/2022)

Burhanuddin mengatakan setiap kebijakan apapun yang digagas Lin Che Wei selalu didengar oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana yang sudah lebih dulu menjadi tersangka dalam perkara ini.

"Dan ini kan sangat sangat riskan begitu. Dia orang swasta tetapi kebijakannya dia di situ sangat didengar oleh dirjennya," terang Burhanuddin.

Simak juga Video: Siasat Lin Che Wei di Korupsi Minyak Goreng yang Bikin Heran

[Gambas:Video 20detik]




(hns/hns)