Kolom

Tancap Gas Program Prioritas

Sakti Wahyu Trenggono - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 10:05 WIB
Sakti Wahyu Trenggono
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sudah memasuki bulan kelima tahun 2022 dan pekerjaan rumah Kementerian Kelautan dan Perikanan masih banyak. Mari bekerja lebih keras lagi, lebih solid lagi, sebab janji adalah kewajiban yang harus dituntaskan walau dengan peluh bercucuran.

Itulah pesan halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang saya sampaikan kepada ribuan pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan, di hari pertama bekerja setelah lebih dari sepekan berlibur lebaran. Saya meminta semua pegawai KKP langsung tancap gas, utamanya dalam menyelesaikan tahapan implementasi program prioritas.

Kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota, pengembangan perikanan budidaya berorientasi komoditas ekspor, serta pembangunan kampung-kampung budidaya berbasis kearifan lokal harus terus memiliki progres. Bahkan tahun ini manfaat tiga program prioritas tersebut harus sudah bisa dirasakan oleh masyarakat dan negara.

Program prioritas dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Di antaranya melalui peningkatan kinerja ekspor produk perikanan, tumbuh dan berkembangnya usaha-usaha baru di bidang perikanan di luar Pulau Jawa yang berimbas pada penyerapan tenaga kerja, serta bertambahnya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor kelautan dan perikanan.

Program prioritas juga bertujuan mendongkrak kesejahteraan para nelayan tradisional, ABK, pembudidaya, serta petambak garam. Hal ini lantaran terjaminnya stabilitas harga dan penyerapan produk yang dihasilkan. Kemudian kemudahan akses permodalan dan pasar, hingga kemudahan perizinan berusaha. Nelayan bahkan bisa duduk sejajar dengan pemilik modal karena sama-sama memiliki hak kuota penangkapan.

Dan yang paling penting, implementasi program prioritas bertujuan menjaga kelestarian ekosistem perairan di Indonesia. Tidak ada lagi over fishing sebab menangkap ikan di laut diatur dalam sistem kuota, budidaya perikanan mengedepankan teknologi ramah lingkungan, dan ikan-ikan endemik dikembangkan sebagai komoditas budidaya berbasis kearifan lokal menghindari kepunahan.

Menjaga kelestarian ekosistem perairan khususnya laut, merupakan prinsip yang saya pegang teguh. Tujuannya bukan semata ekonomi tapi juga menjamin kelangsungan makhluk hidup di bumi.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Asa Modal Usaha UMKM"
[Gambas:Video 20detik]