LIVE d'Mentor: Investasi Saham VS Aset Kripto

detikTV - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 13:42 WIB
Jakarta -

Pekan pertama lebaran, pasar saham Indonesia dibuka dengan nilai indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menukik. Pada Senin (9/5) tercatat penurunan angkanya merosot hingga 4%.

Salah satu penyebab timbulnya hal ini adalah terkoreksinya pasar global selama libur Idul Fitri 2022. Melemahnya pasar global pada rasio 3-4% di masa-masa hari lebaran pada akhirnya ikut mempengaruhi nilai IHSG.

Ancaman resesi perekonomian dunia saat itu setidaknya dipengaruhi oleh 2 hal. Pertama, dampak perang Rusia dengan Ukraina yang belum menuju arah positif. Kedua, kondisi Tiongkok yang tengah dilanda gelombang baru pandemi COVID-19.

Hal ini dibenarkan oleh Gema Merdeka Goeyardi. CEO & Founder dari PT. Astronacci itu menambahkan, ada pengaruh dari inflasi di Amerika Serikat, serta naiknya harga minyak dunia. Artinya, berbagai hal yang terjadi di luar negeri, sedikit banyak akan berdampak pada kondisi di Indonesia.

"Negara kita tidak hidup sendiri. Negara kita bergerak bersama-sama dengan negara lain, dan pastinya akan berdampak ke Indonesia," ungkap Gema dalam keterangan persnya.

Bukan hanya saham, investasi kripto pun mengalami hal serupa. Belakangan ini publik dijejali berbagai berita tentang anjloknya harga salah satu cryptocurrency bernama Terra Luna. Aset yang tengah naik daun ini mengalami penurunan nilai hingga 99,97% dalam waktu kurang dari 24 jam yang mengakibatkan kapitalisasi di pasar turun menjadi US$ 254 juta.

Apapun bentuk investasi, ada resiko yang harus dipahami oleh para investornya. Namun, berkaca dari fenomena-fenomena tersebut, ada beberapa hal yang ternyata dapat digunakan sebagai indikator untuk menjaga aset agar tidak ikut jatuh saat harga dunia merosot.

d'Mentor kali ini akan membahas lebih dalam tentang seluk-beluk kedua model investasi tersebut. Menghadirkan analis saham Gema Merdeka Goeyardi dan Angga Andinata seorang analis cryptocurrency, saksikan d'Mentor "Investasi Saham VS Investasi Kripto" pada Kamis, 19 Mei 2022 pukul 19.00 WIB.

Bagi anda yang ingin menyampaikan pertanyaan atau pendapat, silakan bergabung dalam diskusi melalui lini zoom yang akan ditampilkan di layar di sepanjang acara.

(vys/ed)