10 Raja Terkaya di Dunia Tahun 2022, Nomor 1 Tak Disangka

ADVERTISEMENT

10 Raja Terkaya di Dunia Tahun 2022, Nomor 1 Tak Disangka

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 16:11 WIB
Raja Belanda umumkan kerajaan berhenti gunakan De Gouden Koets. Kereta emas yang salah satu sisinya bergambar orang-orang wilayah jajahan itu memicu kontroversi
Foto: Remko de Waal/ANP/AFP
Jakarta -

Mendengar kata raja, mungkin kita akan terbesit pikiran tentang kepemimpinan, kemewahan hingga kekayaan. Umumnya, menyandang predikat sebagai raja didapatkan dari garis keturunan dari generasi ke generasi, termasuk dalam dalam hal kekayaannya.

Lalu, siapa raja terkaya di dunia? Simak daftarnya di bawah ini:

Daftar 10 Raja Terkaya di Dunia Tahun 2022

Dilansir dari laman Glusea, Kamis (19/5/2022), berikut ini daftar 10 raja terkaya di dunia tahun 2022:

Vajiralongkorn (Thailand)

Vajiralongkorn adalah sosok raja paling kaya di dunia saat ini. Raja Thailand itu memiliki total kekayaan sebesar US$ 43 miliar atau setara Rp 627 triliun (kurs Rp 14.600). Vajiralongkorn telah menjabat sebagai kepala negara sejak 2016.

Raja Thailand ini memiliki sekitar 200 perusahaan termasuk sektor perhotelan, infrastruktur energi, investasi keuangan hingga pertanian. Kekayaannya berasal dari kekayaan yang dikumpulkan oleh pemerintahan keluarganya di Thailand.

Hassanal Bolkiah (Brunei)

Hassanal Bolkiah adalah sultan Brunei ke-29, yang memiliki total kekayaan bersih sebesar US$ 28 miliar atau setara Rp 408 triliun. Bolkiah merupakan raja absolut Brunei, yang juga anggota House of Bolkiah yang telah memerintah Brunei sejak tahun 1400-an.

Dia juga masuk dalam daftar salah satu orang terkaya di dunia. Ia memiliki perusahaan di bidang perbankan, konstruksi, dan pengembangan, minyak dan gas, pengembangan properti, perkapalan, serta manajemen hotel. Uniknya, Raja Brunei yang satu ini juga memiliki koleksi seni yang luas.

Salman bin Abdulaziz Al Saud (Arab Saudi)

Salman bin Abdulaziz Al Sau atau biasa disebut raja Salman ini, tercatat memiliki kekayaan Bersih sebesar US$ 18 miliar atau setara Rp 282 triliun. Sumber kekayaan utamanya didapatkan dari keuntungan industri minyak.

Raja Salman merupakan putra ke-25 Raja Abdulaziz, raja pertama dan pendiri Arab Saudi. Ia menjadi Raja pada tahun 2015, menggantikan saudara laki-lakinya Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang meninggal dunia.

Khalifa bin Zayed Al Nahyan (Uni Emirat Arab)

Mendiang presiden UEA ini memiliki kekayaan bersih sekitar US$15 miliar atau setara Rp 219 triliun. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia, pada Jumat (13/5/2022) dalam usia 73 tahun.

Khalifa adalah putra pertama dari Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang menjabat sebagai penguasa Abu Dhabi dan kepala Dinasti Nahyan dari tahun 1966 hingga 2004. Ia telah berperan penting dalam mengembangkan UEA dengan menggunakan kekayaan minyaknya.

Mohammed VI (Maroko)

Raja Mohammed adalah raja Maroko dengan kekayaan sebesar US$ 8,2 miliar atau setara Rp 117 triliun. Ia memperoleh kekayaannya dari kendalinya atas Société Nationale d'Investissement (SNI), sebuah perusahaan induk investasi Maroko yang besar.

Mohammed juga dikenal sebagai pengusaha dan bankir terkemuka Maroko. Aset terbesar SNI adalah 48% saham di bank terbesar Maroko, Attijariwafa, serta saham pengendali di raksasa distribusi massal Marjane Holding.

Hans-Adam II (Prince of Liechtenstein)

Hans-Adam adalah raja terkaya di Eropa, dengan total kekayaan bersih sebesar US$ 7 miliar atau setara Rp 102 triliun. Ia juga dikenal sebagai sosok raja yang memiliki koleksi seni yang banyak yang ditampilkan untuk umum di Museum Liechtenstein, Wina, Austria.

Mohammed bin Rashid Al Maktoum (Perdana Menteri UEA)

Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA yang juga masuk menjadi penguasa Dubai. Ia memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 4 miliar atau setara Rp 58 triliun. Sosoknya dikenal telah melakukan reformasi dalam pemerintahan UEA, yang dimulai dengan strategi pemerintah federal UEA pada April 2007 lalu.

Henri (Grand Duke Henri of Luxembourg)

Hanri adalah Adipati Agung, Raja dari Luksemburg, yang memiliki kekayaan bersih US$ 4 miliar atau setara Rp 58 triliun. Ia telah memerintah sejak 7 Oktober 2000 lalu. Ia adalah anak dari Grand Duke Jean and Princess Joséphine-Charlotte dari Belgia dan sepupu pertama Raja Philippe dari Belgia.

Juan Carlos I (Spanyol)

Juan Carlos I adalah anggota keluarga kerajaan Spanyol yang memerintah sebagai Raja Spanyol sejak November 1975. Kekayaan bersihnya sebesar US$ 2,3 atau setara Rp 33,5 triliun. Ia turun takhta pada Juni 2014. Ia memiliki kekayaan sebesar Dia memperoleh sebagian besar kekayaannya dari perusahaan minyak dan real estate.

Tamim bin Hamad Al Thani (Qatar)

Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani adalah Emir Qatar, yang merupakan putra keempat dari Emir sebelumnya Hamad bin Khalifa Al Thani. Tamim memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 2,1 miliar atau setara Rp 30,6 triliun.

Nah, itu tadi daftar 10 raja paling kaya di dunia tahun 2022.

Simak juga Video: Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT