3 Tanaman Obat dari Kaltim Ini Bisa Jadi Ide Bisnis Rumahan

ADVERTISEMENT

3 Tanaman Obat dari Kaltim Ini Bisa Jadi Ide Bisnis Rumahan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 16:15 WIB
Mitra Binaan Pupuk Kaltim
Foto: Pupuk Kalimantan Timur
Jakarta -

Kalimantan merupakan pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk tumbuhan berkhasiat. Bahkan, sejak zaman dulu penduduk asli Kalimantan telah memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Wanita Asli Patobong, Sulawesi Selatan, Asma menjadi salah satu warga yang turut memanfaatkan tanaman di Kalimantan sebagai pengobatan alternatif. Berawal dari hobi menanam di pekarangan rumah, mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) ini membangun bisnis Makrifah Herbal bersama warga lokal, khususnya ibu-ibu.

Secara otodidak dan berbekal pendampingan dari perusahaan sekitar seperti PKT, Asma pun mengembangkan tanaman herbal menjadi produk olahan berkualitas. Saat ini, produk milik Makrifah Herbal pun telah memiliki ribuan konsumen dengan omzet tahunan hingga ratusan juta.

"Kami meyakini bahwa setiap tanaman memiliki manfaat masing-masing. Melalui Makrifah Herbal, kami bertujuan untuk menghasilkan produk herbal yang berkualitas dan bermutu dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Saat ini kini kami telah memiliki lebih dari 1.000 konsumen yang tersebar di lebih dari 30 kota di seluruh Indonesia dari Sumatera, Maluku, hingga Papua," ujar Asma dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Lebih lanjut Asma menjelaskan ada banyak jenis tanaman obat berkhasiat asal Kalimantan, yang beberapa di antaranya merupakan khas Kalimantan Timur. Bahkan, beberapa juga dapat dimanfaatkan menjadi bisnis rumahan. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

1. Pasak Bumi

Pasak Bumi merupakan tanaman yang tersebar dari semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Memiliki nama latin Eurycoma longifolia, tanaman ini mengandung senyawa antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang dapat memberikan berbagai manfaat. Beberapa di antaranya, meningkatkan massa otot, menjaga stamina, meredakan stress, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tak hanya itu, Pasak Bumi juga terkenal hingga dunia internasional sebagai tanaman yang dapat memulihkan stamina vitalitas pria.

2. Bawang Dayak

Bawang Dayak biasanya juga dikenal dengan nama Bawang Tiwai di wilayah Kalimantan Timur. Tanaman dengan nama latin Eleutherine palmifolia (L.) Merr ini memiliki karakteristik berukuran lebih kecil dari bawang merah, berwarna merah yang menyala, dan punya permukaan kulit yang lebih licin.

Adapun bagian umbi dari Bawang Dayak dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit di antaranya, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, hingga membantu mengatasi gejala mengganggu pada wanita menopause.

3. Kenanga

Bunga dari pohon Kenanga berkhasiat bagi kesehatan yang pada umumnya berasal dari kandungan minyak atsiri pada tumbuhan ini. Minyak ini dimanfaatkan sebagai aroma terapi yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Bagi masyarakat Kalimantan, bunga Kenanga juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid, sementara bagian kulit dalam dimanfaatkan sebagai penawar racun binatang berbisa

Asma menjelaskan saat ini dirinya telah membudidayakan lebih dari 200 jenis tanaman obat dan mengolahnya menjadi beragam produk kesehatan, termasuk tiga tanaman tersebut. Adapun beberapa di antaranya adalah berbagai jenis minyak herbal, seperti minyak urut, minyak kemiri, teh herbal, hingga lulur tradisional.



Simak Video "Kementan Cabut Keputusan soal Ganja Jadi Tanaman Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT