McDonald's Bakal Tetap Eksis di Rusia, Tapi 'Ganti Kulit'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 08:54 WIB
A view shows a board with the logo of McDonalds at the companys restaurant in Saint Petersburg, Russia March 8, 2022. REUTERS/Anton Vaganov
Foto: REUTERS/ANTON VAGANOV
Jakarta -

Restoran cepat saji McDonald's akan meninggalkan Rusia. Hal ini sebagai buntut dari perang antara Rusia dan Ukraina.

Dikutip dari BBC, Jumat (20/5/2022), McDonald's di Rusia akan diambilalih oleh Alexander Govor yang saat ini mengoperasikan 25 restoran McDonald's di Siberia. Ia akan mengambil restoran dan staf perusahaan, serta mengoperasikannya di bawah brand baru.

Nilai penjualan tidak diketahui. Tapi, investor sudah diingatkan bahwa itu akan membutuhkan lebih dari US$ 1 miliar.

McDonald's telah beroperasi di Rusia selama lebih dari 30 tahun. Restoran pertamanya dibuka di di Moskow pada tahun 1990 sebagai simbol mencairnya ketegangan Perang Dingin.

Setahun kemudian, Uni Soviet runtuh dan Rusia membuka ekonominya untuk perusahaan-perusahaan dari Barat.

McDonald's memiliki hampir 850 restoran di negara tersebut di mana sebagian besar dimiliki secara langsung. McDonald's mengatakan pihaknya memperkirakan kesepakatan itu akan ditutup dalam beberapa minggu mendatang.

Govor sendiri telah menjadi pemegang lisensi McDonald's sejak 2015. Dia juga salah satu pendiri Neftekhimservice sebuah perusahaan pemurnian, dan anggota dewan perusahaan lain yang memiliki hotel Park Inn dan klinik swasta di Siberia.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan kesepakatan itu adalah hasil dari proses negosiasi yang panjang dan sulit. Kemudian, pemerintah akan memberi Govor semua bantuan yang diperlukan untuk mengatur operasi.

Ketentuan tersebut menetapkan 62.000 staf McDonald's di Rusia untuk dipertahankan setidaknya selama dua tahun dengan gaji mereka yang ada. Govor akan membayar gaji staf perusahaan di Rusia sampai kesepakatan selesai.



Simak Video "Kata Warga Rusia soal Cita Rasa Restoran Baru Pengganti McDonald's"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)