Perhatian! Walkot Bogor Bima Arya Mau Tutup Minimarket yang Berdekatan

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 09:53 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya/Foto: Sholihin/detikcom
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya akan menutup minimarket yang beroperasi berdekatan. Jarak yang berdekatan itu kurang dari 500 meter satu sama lain.

Jarak itu sejatinya tidak diizinkan oleh Pemkot Bogor. Hal ini juga menjadi kritikan dan desakan dari DPRD.

"Saya setuju, saya mendukung, ya. Dari awal kita tegas. Saya akan cek lagi, apabila bertentangan dengan aturan, apalagi bertentangan dengan RTRW, tidak akan diizinkan. Nggak ada cerita, itu pasti kita akan tutup, " kata Bima, dikutip dari Antara, Jumat (20/5/2022).

Bima menegaskan setuju atas desakan dari DPRD. Ia mengatakan tidak ada akan ada celah lagi ke depan, kecuali penutupan. Adapun minimarket yang berdekatan totalnya ada 222.

"Kita tutup. Kita cek lagi, kita tutup," tegasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Kota Bogor meminta pemerintah setempat menindak 222 minimarket yang belum memiliki izin karena jaraknya berdekatan. DPRD menilai jaraknya minimarket berdekatan karena belum terintegrasinya perizinan di dalam Online Single Submission (OSS).

Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor Safrudin mengatakan di Kota Bogor pelaksanaan Perwali Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Swalayan belum maksimal. Dalam perwali itu sudah jelas ditekankan bahwa pendirian minimarket memiliki batas khusus minimal 500 meter.

Pemkot Bogor juga disebut memiliki Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perlindungan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi yang bersinggungan dengan pelaksanaan perwali soal minimarket.

Dari data yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Bogor, dari 520 minimarket, 222 di antaranya belum mengantongi Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS).

(ara/ara)