2024 Nggak Perlu Lagi Ngetap Kartu Bayar Tol, Tinggal Bablas!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 18:15 WIB
Bayar Tol Tanpa Setop
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Transaksi tol tanpa sentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan diterapkan secara bertahap. Rencananya transaksi tol tanpa sentuh ini akan diimplementasikan secara penuh tanpa penghalang (barrier) pada 2024.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan uji coba sistem tersebut akan dilakukan pada tahun ini. Pada tahun ini juga, akan diterapkan komersial dan bertahap.

"Uji coba 2022, mulai implementasi secara komersial bertahap (COD) akhir 2022 subject to readiness," ujar Danang saat dikonfirmasi, Jumat (20/5/2022).

Kemudian, untuk implementasi penuh tanpa penghalang akan dilakukan di tahun 2023 dan secara efektif di 2024.

"Akhir 2023, efektif 2024," tambahnya.

Chief Representative Roatex Musfihin Dahlan menjelaskan, sistem transaksi tanpa sentuh memberikan sejumlah keuntungan. Sebutnya, mengurangi kemacetan karena tak perlu menempelkan kartu.

"Kedua banyak kita hadapi pengguna yang kadang-kadang saldonya kurang. Saldo kurang itu membuat ke belakang rentetan panjang. Dengan MLFF yang saldonya cukup atau saldonya kurang dia tetap bisa lewat," ujarnya.

Bukan hanya itu, dia menuturkan, dengan MLFF bisa mengatur tarif dengan adil.

"Kalau sistem terbuka kita bayar, sekali bayar dengan harga yang sama karena kita pakai cuma 2 km sama pakai 3 km sama, ini kan nggak fair. Tapi kan ini policy berikutnya," terangnyanya.

(acd/hns)