Erick Thohir di Halalbihalal Nasdem, Stafsus: Tak Ada Urusan Capres-capresan!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 22 Mei 2022 18:45 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir sempat datang dan menghadiri acara halalbihalal Partai Nasional Demokrat (NasDem). Acara itu dilakukan di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat.

Di acara itu, Erick sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Kehadiran Erick pada halalbihalal Partai NasDem ini disebut-sebut sebagai langkah politik untuk masuk bursa capres NasDem.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pun buka suara soal hal tersebut. Arya menegaskan kehadiran Erick pada acara halalbihalal Partai Nasdem sendiri tidak ada hubungannya dengan langkah politik, apalagi untuk urusan capres-capresan.

"Jadi seperti yang sering kami katakan, ini tidak ada urusan capres-capresan. Kita terfokus pada urusan kerja dan agenda-agenda BUMN," ujar Arya melalui pesan suara kepada detikcom, Minggu (22/5/2022).

Lebih jauh Arya menjelaskan Erick Thohir adalah seorang menteri yang memiliki mitra kerja beberapa politisi di DPR. Politisi-politisi tersebut pun kebanyakan berasal dari berbagai partai politik.

Maka dari itu, kunjungan Erick ke acara halalbihalal sebuah partai politik sebetulnya tidak lebih hanya untuk mempererat hubungan dengan para politisi rekan kerjanya.

"Beliau kan seorang menteri ya. Ya wajar kalau beliau (datang) ke partai-partai. Kan partai-partai ini adalah punya anggota komisi di DPR, di Komisi VI, yang merupakan counterpart-nya Kementerian BUMN dan BUMN-BUMN juga," papar Arya.

Menjaga hubungan dengan politisi pun wajar dilakukan menurut Arya. Pasalnya, Erick, Kementerian BUMN, dan para perusahaan BUMN perlu saling bekerja sama dengan hubungan yang baik.

"Apalagi kita tahu saat ini banyak juga BUMN-BUMN yang kami proses, jadi butuh kerja sama dengan partai-partai yang ada di Komisi VI. Jadi kita arahnya ke sana, nggak ada hubungan sama capres-capresan," ungkap Erick.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali ketika dikonfirmasi menyatakan kedatangan Erick tak ada sangkut pautnya dengan urusan politik. Ali menyebut Erick bukan 'orang asing' bagi keluarga Surya Paloh, maka wajar saja bila Erick mendatangi halalbihalal NasDem.

"Erick ini kan di keluarga besar Pak Surya kan bukan orang baru, sudah punya hubungan panjang lah. Nggak ada hubungan politik kok," ungkap Ali ketika dikonfirmasi detikcom.

Menurut Ahmad Ali, tak ada pembahasan soal Pilpres 2024 dengan Erick. Dia menuturkan halalbihalal kemarin bukan forum yang tepat bagi NasDem bicara pilpres.

"Tapi, apakah menyinggung pilpres? Nggak ada. Karena nanti forumnya pilpres itu adalah rakernas," terangnya.

(hal/dna)