Daftar Gaji Pilot di Indonesia dan Negara Lain

ADVERTISEMENT

Daftar Gaji Pilot di Indonesia dan Negara Lain

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 20:30 WIB
Meal served on board of airplane
Foto: iStock
Jakarta -

Profesi pilot memang dikenal sebagai pekerjaan yang cukup bergengsi. Tidak hanya bergengsi, dikabarkan gaji pilot penerbangan terbilang sangat fantastis. Secara umum, besaran gaji pilot sebagian besar tergantung dari latar belakang pendidikan, jumlah tahun pengalaman, dan jenis pesawat yang pernah diterbangkannya.

Jika dilihat, memang besarnya gaji pilot itu sebanding dengan biaya pendidikannya yang tak murah.Menurut catatan detikcom, sebelumnya Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI), Capt Rama Noya sempat mengatakan gaji pilot di Indonesia untuk posisi captain berkisar Rp 38-45 juta.

Sementara, dikutip dari buku bertajuk 'Profesi Awak Kabin Udara:Profesi Idaman Saat Ini' oleh Arista Atmadjati, menuliskan bahwa rata-rata gaji pilot adalah sekitar US$ 80 ribu per tahun. Berarti, jika dirupiahkan gaji pilot per bulan adalah sekitar Rp 97,3 juta (asumsi kurs 14.600).

Pilot yang bekerja di penerbangan internasional akan mendapatkan lebih dari mereka yang bekerja di penerbangan domestik. Gaji rata-rata pilot maskapai penerbangan internasional adalah sekitar US$ 145 ribu per tahun. Artinya, gaji pilot yang bekerja di maskapai internasional sekitar Rp 176 juta per bulan.


Selain gaji menarik, pilot pesawat biasanya juga akan mendapat beberapa tunjangan, bonus, dan tunjangan seperti akomodasi mewah. Besaran dan jumlah tunjangan yang dapat oleh seorang pilot, tentunya bergantung pada ketetapan maskapainya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan gaji pilot yang bekerja di negara lain?


Daftar 5 Negara dengan Gaji Pilot Tertinggi

Melansir dari situs Naibuzz, berikut daftar negara dengan gaji pilot tertinggi:


1. China

Pilot di China bisa mendapatkan gaji sebesar US$ 25 ribu per bulan atau kira-kira US$ 300 ribu setahun. Bila dihitung dengan kurs Rp 14.600, maka gaji seorang pilot di China bisa mencapai Rp 365 juta per bulan atau kira-kira Rp 4,38 miliar. Selain itu, mereka juga berhak atas bonus akhir kontrak sebanyak US$80 ribu atau setara Rp 1,14 miliar.


2. Belanda

KLM adalah maskapai penerbangan terbesar di Belanda. Dikabarkan kalau gaji pilot di maskapai tersebut mulai sekitar €50.000 untuk perwira pertama, dan €256.700 untuk kapten berpengalaman. Bila dihitung, gaji rata-rata seorang pilot di Belanda sekitar €218.500 per tahun atau setara dengan Rp 3,4 miliar (kurs euro Rp 15.600) .


3. Prancis

Air France adalah maskapai penerbangan nasional di Prancis, dan pilot senior yang bekerja untuk maskapai ini memperoleh sekitar €208.000 atau setara Rp 3,2 miliar per tahun. Jumlah itu dihitung setelah terbang dua jam sehari, untuk jarak jauh dan satu setengah jam untuk jarak pendek.


4. Irlandia

Ryanair adalah operator terbesar di Irlandia, maskapai itu membayar pilotnya yang berbasis di Dublin rata-rata €15.000 - €200,000 per tahun. Artinya, besaran gaji pilot yang dapat diterima sekitar Rp 234 juta - Rp 3,12 miliar per tahun.


5. Kanda

Gaji awal untuk seorang pilot yang bekerja untuk maskapai penerbangan terbesar yAir Canada adalah sekitar CAD 50.000 dan mencapai CAD 62.000. Sedangkan, untuk gaji pilot kapten Boeing 777 dengan pengalaman 12 tahun dapat memperoleh sekitar CAD 300.000 setahun. Dengan kata lain, bila dihitung dengan asumsi kurs Rp 11.400/CAD maka gaji pilot di Kanada bisa mencapai Rp 3,42 miliar per tahun.


Nah itu tadi, daftar negara dengan gaji pilot tertinggi. Setelah mengetahui kisaran gajinya, detikers tertarik untuk menjadi pilot?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT