Keras! George Soros Minta Putin Segera Dikalahkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 21:51 WIB
George Soros
Foto: Reuters: Miliarder George Soros
Jakarta -

Invasi Rusia ke Ukraina disebut-sebut bisa memicu pecahnya perang dunia ketiga. Nah, menurut Miliarder Dunia George Soros satu-satunya cara untuk membebaskan dunia dari tekanan perang ini adalah dengan mengalahkan Presiden Vladimir Putin.

"Invasi itu mungkin merupakan awal dari Perang Dunia Ketiga dan peradaban kita mungkin tidak akan bertahan," kata Soros menurut teks pidato yang dirilis oleh kantornya, dikutip dari Reuters, Rabu (25/5/2022).

"Cara terbaik dan mungkin satu-satunya untuk melestarikan peradaban kita adalah mengalahkan Putin sesegera mungkin. Itulah intinya," lanjut Soros tegas.

Menurut Soros operasi khusus yang dilakukan oleh Putin di Ukraina telah direncanakan untuk mencapai satu tujuan. Di sisi lain negara-negara Uni Eropa harus memahami Putin bisa saja menghentikan gas alamyang saat ini menyumbang sekitar 40% dari kebutuhan di Eropa.

Invasi Rusia yang dilakukan terhadap Ukraina sudah menewaskan ribuan orang. Membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan menimbulkan ketakutan masyarakat.

Sebelumnya Putin sempat menyampaikan jika Amerika Serikat (AS) menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia melalui perluasan NATO. "Saya tak bisa prediksi hasilnya, tapi Ukraina punya peluang untuk melawan," jelas dia.

Soros juga menyampaikan saat ini Rusia merupakan negara terbesar berdasarkan wilayah. Lalu China merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

"Sekarang China dan Rusia memberikan ancaman besar untuk masyarakat dunia," jelas dia.

Soros juga mengkritisi strategi nol COVID Presiden Xi Jinping dia menyebut hal itu gagal total. Bahkan Soros menilai jika kebijakan yang dtempuh Xi telah gagal sehingga berpotensi menggagalkan rencana masa jabatan untuk ketiga kalinya.

"Karena kesalahan yang dia buat, Xi Jinping mungkin tidak akan bisa menjabat untuk ketiga kalinya," tutur Soros.

(kil/hns)