Ini 5 Instansi Paling Banyak Ditinggal Peserta Lolos CPNS 2021

ADVERTISEMENT

Ini 5 Instansi Paling Banyak Ditinggal Peserta Lolos CPNS 2021

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 26 Mei 2022 16:30 WIB
SKB CPNS
Ilustrasi/Foto: SKB CPNS (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada sebanyak 105 peserta lolos seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 mengundurkan diri. Dari 105 orang itu, paling banyak ada pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yakni 11 orang.

Jumlah terbanyak kedua ditempati oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Majalengka dengan masing-masing sejumlah 6 orang. Ketiga, ada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan jumlah 5 orang.

Disusul oleh Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara, Pemerintah Kab. Bogor dan Pemerintah Kab. Bintan dengan masing-masing 4 orang. Posisi kelima ditempati Pemerintah Kab. Pandeglang dengan 3 orang yang mengundurkan diri.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama pun mengungkapkan beberapa alasan peserta lolos CPNS 2021, yang memutuskan untuk mengundurkan diri tersebut.

"Memang sebenarnya macam-macam alasannya. Pertama itu, mereka ternyata tidak tahu berapa jumlah gaji (mungkin gajinya tidak mencukupi). Kedua, ada yang menyampaikan alasannya kalau mereka tidak termotivasi lagi. Tapi, itu beberapa salah satunya aja dari macam-macam alasan," kata Satya saat dihubungi detikcom, Kamis (26/5/2022).

Ia juga menyebutkan alasan terbesar mereka kebanyakan dari sisi gaji dan juga lokasi penempatan.

"Kebanyakan memang tentang gaji, ada juga yang lokasi. Kebanyakan mungkin ada yang penempatan lokasinya jauh," ujar Satya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT