CPNS Paling Banyak Mengundurkan Diri di Kementerian Perhubungan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 27 Mei 2022 17:00 WIB
Pengumuman SKD CPNS Tahap 2, Ini Daftar 25 Kementerian yang Termasuk
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan
Jakarta -

Ramai-ramai ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengundurkan diri. Setidaknya, dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada sekitar 100 CPNS yang mengajukan pengunduran diri.

Dari 100 orang itu, paling banyak ada pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yakni 11 orang. Jumlah terbanyak berikutnya ditempati oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Majalengka dengan masing-masing sejumlah 6 orang.

Sisanya, ada 1-4 orang yang mengundurkan diri di berbagai instansi. Baik instansi pusat maupun pemerintah daerah.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menyatakan formasi yang ditinggalkan ini tidak akan bisa diisi kembali.

Formasi itu baru bisa diisi bila instansi yang bersangkutan mengusulkan kembali seleksi calon aparatur sipil negara (CASN). Baik dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun CPNS.

"Jadi kalau tidak terisi, maka kosong. Kalau mau diisi akan diusulkan kembali di seleksi CASN, khususnya CPNS, di kesempatan berikutnya," ungkap Satya kepada detikcom, Jumat (27/5/2022).

Posisi ini tidak bisa digantikan karena dalam prosesnya CPNS yang mengundurkan diri ini pada dasarnya sudah ditetapkan, bahkan sudah disiapkan Nomor Identitas Kepegawaian (NIP).

"Masalahnya mereka ini mengundurkan diri setelah mereka ditetapkan sebagai yang lulus dan mau mendapatkan NIP," kata Satya.

Sebelumnya, Satya mengatakan gaji dan penempatan yang tidak sesuai menjadi alasan utama banyak CPNS mengundurkan diri. "Kebanyakan memang tentang gaji, ada juga yang lokasi. Kebanyakan mungkin ada yang penempatan lokasinya jauh," bebernya.



Simak Video "Ratusan CPNS Mengundurkan Diri Gara-gara Gaji hingga Kurang Motivasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)