ADVERTISEMENT

Habitat Indonesia Gandeng Amazon Web Services, Garap Proyek Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 27 Mei 2022 14:26 WIB
Warga saling berinteraksi di hunian rumah susun Kebon Kacang, Jakarta. Kebutuhan masyarakat mengakses hunian yang layak semakin sulit.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Habitat for Humanity Indonesia, organisasi kemanusiaan yang berfokus pada penyediaan hunian layak bagi keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia, dan Amazon Web Services (AWS), mengadakan acara serah terima secara simbolis, proyek bersama program peningkatan pengembangan masyarakat di Karawang.

Program ini diselesaikan dalam waktu 1 tahun mulai Maret 2021 hingga Maret 2022. Ada lebih dari 15.000 warga dari 6 desa yang dapat merasakan manfaat dari program tersebut. Desa tersebut antara lain; Kutamekar, Kutapohaci, Mulyasari, Margakarya, Margamulya, dan Wanakerta.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto mengungkapkan, pihaknya sangat bangga bisa bekerja sama dengan AWS untuk mewujudnyatakan program CSR mereka. Kerja sama ini merupakan kerja sama yang ketiga kalinya setelah program bantuan bencana di Palu dan pembagian sembako di masa pandemi Covid-19.

"Habitat Indonesia selalu berupaya menjunjung profesionalitas dan integritas agar setiap mitra senang berkolaborasi sehingga lebih banyak lagi keluarga berpenghasilan rendah yang dapat dibantu," ungkap Susanto dalam keterangan pers, Jumat (27/5/2022).

Susanto menegaskan, Habitat selalu mengedepankan aspirasi, kebutuhan, potensi, dan kemampuan masyarakat lokal. Masyarakat dilibatkan melalui pendekatan hulu ke hilir bertujuan agar program dapat dilakukan secara efektif, efisien dan berkelanjutan.

"Kita memang selalu melibatkan masyarakat. Hal itu dapat mengubah pola pikir mereka. Mereka bisa paham kalau bantuan tidak selalu dalam bentuk uang tetapi juga program fisik maupun non fisik yang sebenarnya lebih berguna untuk jangka panjang.Saya meyakini bahwa keterlibatan masyarakat mampu menumbuhkan rasa kepemilikan sehingga mereka lebih peduli untuk memelihara setiap program yang diberikan," jelas Susanto.

Habitat for Humanity Indonesia terus menciptakan kehidupan yang sejahtera dan berkelanjutan bagi keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia. Program Habitat berkontribusi mendukung upaya pemerintah dalam mencapai empat tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) yang meliputi peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, serta peningkatan komunitas dan kota yang berkelanjutan.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT