Airlangga & Sandiaga Kenang Buya Syafii Maarif: Sosok Panutan Berintegritas

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 27 Mei 2022 21:14 WIB
Airlangga Hartarto.
Foto: dok. Partai Golkar: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Jakarta -

Cendekiawan dan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif wafat. Para menteri pun menyampaikan duka mendalam atas kepergian pria yang akrab disapa Buya Syafii Maarif itu.

Ucapan belasungkawa datang dari Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Dia menyebut Buya Syafii Maarif sebagai guru bangsa hingga panutan yang selalu menginspirasi.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, turut berduka atas berulangnya seorang guru bangsa, panutan kita dan sosok berintegritas yang selalu menginspirasi, Bapak Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii. Beliau adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005," tulis Airlangga di akun Instagram resminya @airlanggahartarto_official, Jumat (27/5/2022).

Airlangga juga turut mengunggah foto dirinya saat bersama Buya Syafii Maarif. Dijelaskan bahwa foto itu merupakan pertemuan terakhirnya saat berkunjung ke kediaman almarhum di Yogyakarta.

"Pertemuan yang begitu bermakna. Buya saat itu banyak memberikan pesan khususnya mengenai kesejahteraan sosial, integritas bangsa dan kemajuan Indonesia," tuturnya.

Airlangga juga memanjatkan doa untuk Buya Syafii Maarif. "Semoga segala amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT, menjadi keteladanan bagi kita semua, segenap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Aamiin YRA," tutupnya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dia mengenang pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii Maarif.

"Teringat pertemuan kami beberapa waktu lalu, beliau memberikan wejangan serta nasihat dan semangat. Agar terus berjuang untuk umat, bangsa dan negara, serta bermanfaat bagi banyak orang," kata Sandiaga dalam akun Instagram resminya @sandiuno.

Sandiaga menyebut Buya Syafii Maarif adalah tokoh cendekiawan yang memiliki hati tulus dan berpikiran luas sehingga patut dijadikan tauladan khususnya bagi anak-anak muda.

"Mari kita doakan bersama, agar segala amal kebaikan beliau selama masih hidup diterima oleh Allah SWT dan husnul khotimah. Allahummagfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu. Aamiin YRA," doa untuk Buya Syafii Maarif.

(aid/hns)