ADVERTISEMENT

Bulog Mau Diminta Salurkan Minyak Goreng Curah?

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 30 Mei 2022 18:25 WIB
Harga minyak goreng curah sulit dijual sesuai HET
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Pemerintah menyebut Badan Urusan Logistik (Bulog) punya potensi menyebarkan minyak goreng curah di Indonesia. Bulog dianggap punya kapabilitas untuk menyalurkan minyak goreng curah ke daerah-daerah yang sulit diakses.

"Ini Bulog ini kan sangat potensi untuk bisa menyebarkan minyak goreng curah lebih luas lagi ke pelosok-pelosok, ke daerah-daerah terpencil," kata Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Menurutnya beberapa daerah sulit mendapatkan jalur distribusi minyak goreng curah. BULOG dalam hal ini memiliki akses tersebut, yang tidak dimiliki oleh distributor konvensional. Terkait hal ini, Putu menyatakan jika BULOG terlihat antusias untuk ambil bagian dalam penyaluran minyak goreng curah

Putu mendorong Bulog untuk menggunakan kantor cabang dan toko-toko mereka untuk menjaga kestabilan dan ketersediaan minyak goreng curah di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Putu menuturkan jika pasokan dan harga minyak goreng curah cenderung stabil hingga hari ini. Stok minyak goreng sudah merata hampir di seluruh daerah, kecuali wilayah Papua.

Selain itu, harga minyak goreng curah mulai mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yaitu sebesar Rp 15.500/kilogram atau Rp 14.000/liter. "Dari 1914 yang dicek, itu sekarang harga turun di Rp 15.991/kilogram, angka yang bagus dan konsisten," katanya.

Data tersebut diambil dari laporan harga jual minyak goreng curah oleh Satgas Pangan Polri tanggal 29 Mei 2022 yang dilakukan di 1913 lokasi.

Maret lalu, distribusi minyak goreng bersubsidi mencapai 33,18% atau sebanyak 64.586,26 ton. Bulan April, realisasinya naik menjadi 108,32% yang setara dengan 210.835,14 ton. Dan bulan Mei, penyaluran minyak goreng curah mencapai 85,91% atau 167.214,34 ton.

Lebih lanjut, Putu menyatakan jika HET tidak sepenuhnya berubah meskipun subisdi minyak goreng curah dicabut per 31 Mei 2022. Sistem hanya berganti ke skema Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).

Simak Video 'Luhut: Kita Bangsa Bermartabat, Masa Terus Pakai Minyak Goreng Curah!':

[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Warga soal Beli Migor Curah Pakai PeduliLindungi: Ada-ada Saja! "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT