ADVERTISEMENT

Perluas Bisnis Internasional, BNI-KB Kookmin Bank Tandatangani MoU

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 10:00 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk atau BNI memperluas bisnis internasional dengan menciptakan peluang-peluang bisnis baru. Salah satunya dengan bersinergi bersama KB Kookmin Bank melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja sama (Memorandum of Understanding).

Adapun penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dengan Head of the Global Business Group of KB Kookmin Bank sekaligus Chief Global Strategy Officer/Senior Managing Director Kookmin Bank Financial Group Nam Hoon Cho pada Senin (30/5) di Grha BNI, Jakarta.

Henry mengungkap langkah strategis ini dilakukan oleh bank dengan kode saham BBNI seiring semakin tingginya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"BNI terus berupaya meningkatkan peran sebagai bank global Indonesia dengan salah satu langkah strategisnya, yaitu dengan bekerja sama dengan KB Kookmin Bank sebagai bank nomor satu di Korea Selatan," ungkap Henry dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2022).

Henry menambahkan kerja sama bisnis ini meliputi transaksi tresuri, kredit sindikasi, trade finance, pendanaan dalam mata uang lokal, dan pertukaran informasi nasabah yang ingin melakukan perdagangan atau berinvestasi di negara asal kedua bank tersebut.

Ia menjelaskan nasabah tak hanya akan mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank. Sebab BNI juga sebagai agen pembangunan juga berupaya memfasilitasi masuknya investasi negara Korea Selatan ke Indonesia yang meningkat pesat beberapa tahun terakhir.

"Ke depannya, kami berharap kedua bank dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat sekaligus menghasilkan transaksi-transaksi bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak," jelasnya.

Lebih lanjut, Henry mengatakan kerja sama ini juga mencakup pertukaran informasi nasabah. BNI sebagai bank global Indonesia akan memfasilitasi eksportir-eksportir Indonesia untuk memperluas pasar di Korea Selatan. Caranya, dengan menghubungkan para pelaku usaha kepada importir-importir Korea Selatan yang merupakan nasabah KB Kookmin Bank.

Sebagai informasi, strategi KB Kookmin Bank untuk masuk ke pasar Indonesia telah dimulai sebelumnya pada tahun 2018 dengan mengakuisisi saham Bank Bukopin. Hingga saat ini jumlah kepemilikan KB Kookmin Bank atas Bank Bukopin sebesar 67%.



Simak Video "Gelegar Undian Rejeki BNI #GaPakeNanti"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT