ADVERTISEMENT

5 Pekerjaan Ini Kasih Gaji Tinggi ke Fresh Graduate

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Jun 2022 18:00 WIB
Uang Gaji
Gaji Tinggi/Foto: iStock
Jakarta -

Besaran gaji yang diterima pekerja merupakan salah satu pertimbangan untuk melamar pekerjaan. Terlebih bagi para lulusan baru (fresh graduate), bekerja dengan gaji besar merupakan sebuah motivasi tersendiri.

Jobstreet sebuah situs yang menyediakan lamaran pekerjaan merilis daftar gaji tertinggi di Indonesia bagi para freshgraduate. Inilah saat terbaik untuk mengirim lamaran Anda ke perusahaan-perusahaan yang mungkin cocok dengan kualifikasi dan juga minatmu.

Dilansir dari laman resmi situs pencari kerja Jobstreet, Rabu (1/6/2022), berikut 5 pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk pemula:

1. Staff di Bidang IT atau Komputer

Industri teknologi informasi sekarang sedang berkembang pesat dan membutuhkan banyak tenaga kerja baru. Industri ini juga lama dikenal sebagai sektor usaha yang menawarkan bayaran tinggi kepada para pekerjanya.

Beberapa pekerjaan yang dimaksud antara lain front-end engineer dan back-end engineer atau full-stack engineer. Mereka semua akan mengimplementasikan segala masukan atau kebutuhan dalam ranah user experience (UX) dan juga user interface (UI).

Menurut survei Jobstreet, pekerjaan di bidang IT mampu memberikan para fresh graduate gaji dengan rata-rata sekitar Rp 8.050.000 di wilayah Jakarta atau kota besar lainnya. Perlu diingat bahwa itu hanya median, mungkin saja bisa diperoleh gaji di atas angka tersebut.

2. Peserta Graduate Development Program di Industri Teknik

Bagi Anda yang sebelumnya kuliah di jurusan S1 Teknik Sipil, mengikuti graduate development program merupakan hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Program-program seperti ini umumnya menuntut para peserta untuk terlibat dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, misalnya 2 hingga 3 tahun.

Dalam jangka waktu tersebut, pekerja bukan hanya dapat mempraktikkan segala ilmu yang diperoleh saat kuliah, tetapi juga akan memperoleh gaji.

Meskipun gaji development program di industri teknik berbeda-beda, pekerjaan ini bisa jadi salah satu yang memberikan gaji fresh graduate terbesar. Menurut survei Jobstreet, para peserta program ini dapat memperoleh hingga Rp 9.100.000/bulan (untuk peserta yang berdomisili di wilayah-wilayah tertentu).

3. Dokter

Perjalanan menjadi seorang dokter sangat panjang sehingga wajar jika profesi itu merupakan salah satu yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia. Bayangkan seseorang harus kuliah selama 8 semester untuk jadi Sarjana Kedokteran, ditambah menjalankan tanggung jawab sebagai co-assistant atau co-ass (sering juga disebut sebagai dokter muda).

Lalu mengikuti program profesi agar dapat menjadi dokter muda. Saat menjadi dokter muda, Anda akan menjalankan berbagai tanggung jawab seperti menyuntik pasien, mengambil darah, dan juga hadir saat proses pembedahan tengah berlangsung.

Tak hanya sampai di situ, masih ada masa internship atau magang yang harus dijalani. Setelah itu barulah dapat bekerja di Puskesmas, rumah sakit, atau praktek sendiri. Gaji yang bisa diperoleh setelah menjadi fresh graduate dari proses panjang itu mencapai Rp 9.000.000 untuk mereka yang menjalani karir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

4. Personal Assistant (Berbahasa Asing)

Personal Assistant adalah seseorang yang dipercaya oleh direktur, petinggi atau atasan untuk mengurus segala kebutuhan administrasi, pekerjaan maupun urusan pribadi. Mereka dituntut menjadi orang yang tepat waktu atau bahkan mampu mengerjakan tugas secara tepat.

Tahukah kamu bahwa Personal Assistant masuk dalam pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia? Iya lho, tapi itu hanya kalau bisa berbahasa asing, terutama Mandarin.

Dari daftar yang ditemukan Jobstreet, pekerjaan Personal Assistant berbahasa Mandarin dapat menerima gaji sebesar Rp 8.800.000 di wilayah Jakarta.

5. Risk Compliance Staff

Jobstreet menemukan bahwa gaji fresh graduate sebagai Risk Compliance Staff mencapai Rp 8.700.000 di Kota Jakarta. Tugasnya merupakan bagian penting dari "pemerintahan" suatu perusahaan, seperti bagaimana sebuah perusahaan ditangani, diatur, atau lainnya.

Sebenarnya sih, pekerjaan spesifiknya tergantung dari industri pekerjaan yang Anda masuki. Tetapi beberapa hal lainnya yang dikerjakan seperti menciptakan peraturan dan memastikan semua dijalankan sesuai peraturan dan regulasi yang ada.

Mereka akan melakukan audit rutin untuk memastikan peraturan terus diikuti. Peraturan yang diciptakan pun bisa jadi bukan hanya yang mencakup organisasi, tetapi peraturan legal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

(aid/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT