ADVERTISEMENT

Intip Kekayaan Tjahjo Kumolo, Menpan-RB yang Berharta Rp 6 M

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 02 Jun 2022 20:30 WIB
Sekjen KPK Cahya Harefa mengantarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menuju kendaraan dinas menteri di gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menilik informasi terkait besaran harta kekayaan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menarik untuk diulas. Hal ini menjadi penting bagi masyarakat untuk sebab, sebagai penjabat negara Tjahjo perlu transparan termasuk soal uang.

Hal ini dimaksudkan untuk memilimalisir resiko terjadinya tindak pidana korupsi yang bisa saja dilakukan oleh para pejabat negara ini. Adapun jumlah harta kekayaan mereka dapat dilihat melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Berdasarkan laporan LHKPN-nya, diketahui bahwa Tjahjo Kumolo memiliki harta kekayaan hingga Rp 6,2 miliar. Kekayaannya ini dia miliki dalam bentuk tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas setara kas dan harta lainnya.

Sebagian besar harta miliknya berasal dari tanah dan bangunan yang dimilikinya. Berdasarkan laporan LHKPN-nya, diketahui bahwa Tjahjo Kumolo memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang terletak di Kab/Kota Jakarta selatan dengan total nilai Rp 3,1 miliar.

Selain itu Tjahjo Kumolo juga memiliki tujuh buah kendaraan bermotor berupa mobil dengan total nilai Rp 927 juta. Tidak berhenti di sana, dirinya juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 600 juta. Dirinya juga diketahui memiliki kas dan setara kas senilai Rp 1,66 miliar.

Tjahjo Kumolo juga tercatat tidak memiliki hutang sehingga total kekayaannya yang telah dilaporkan ke LHKPN senilai Rp 6.294.075.817.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT