ADVERTISEMENT

Bisnis Skincare, 6 Crazy Rich Ini Kuasai Pasar Kecantikan RI

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 02 Jun 2022 15:03 WIB
pabrik Wardah
Foto: Silmia Putri/Wolipop
Jakarta -

Produk kecantikan dan perawatan muka hingga tubuh, dari dulu hingga sekarang memang sangat digandrungi masyarakat Tanah Air, khususnya para wanita.

Hal ini juga yang telah menjadi peluang para pebisnis kecantikan, untuk melebarkan bisnis mereka dengan meluncurkan berbagai produk skincare hingga make up baru.

Jadi tak heran jika dari penjualan produk tersebut, membuat pengusaha atau pemilik brand bisa menjadi seorang crazy rich alias orang kaya raya. Siapa saja crazy rich pemilik perusahaan skincare yang menguasai pasar kecantikan di Indonesia?

Berikut adalah daftar crazy rich pemilik skincare penguasa pasar kecantikan di Indonesia, yang telah dirangkum detikcom:

Daftar Crazy Rich Penguasa Pasar Kecantikan Indonesia

1. Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo adalah pemilik sekaligus pendiri brand kecantikan asal Indonesia Mustika Ratu. Dilansir laman resmi perusahaan, PT Mustika Ratu didirikan sejak tahun 1975. Bermula dari Mooryati yang meracik jamu dan kosmetika tradisional.

Diketahui, brand milik Mooryati juga dikenal pembimbing sebagai dalam kontes kecantikan Puteri Indonesia. Pada tahun 1995, Mustika Ratu go public dengan melakukan Initial Public Offering (IPO), dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Dari tahun 2000, Mustika Ratu mulai memperluas sayap bisnisnya dan menawarkan peluang waralaba spa ke negara-negara Asia Tenggara hingga ke belahan dunia lainya.

2. Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat adalah CEO dan pendiri PT Paragon Technology and Innovation, sebuah perusahaan kecantikan besar di Indonesia. Awalnya, perusahaan ini bernama PT Pusaka Tradisi Ibu. Lalu pada tahun 2011, berubah nama menjadi PT Paragon Technology and Innovation. Adapun brand terkenalnya adalah Wardah, Make Over, Emina, dan Kahf.

3. Martha Tilaar

Martha Tilaar adalah pendiri Martha Tilaar Group yang didirikan pada tahun 1970. Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat. Pada tahun 1977, DR. Martha Tilaar membuat PT Martina Berto bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady. Adapun salah satu merek yang terkenalnya adalah Sari Ayu.

4. Irene Ursula

Irene Ursula adalah founder dan CEO merek Somethinc dalam payung perusahaan BeautyHaul. Perusahaannya berdiri sejak tahun 2014. Pada tahun 2019, pihaknya sudah mengadakan 200 merek termasuk Somethinc.

5. Anugrah Pakerti

Anugrah Pakerti adalah pendiri dan CEO Avo Innovation Technology. Perusahaan tersebut telah mengoperasikan beberapa merek perawatan kulit dan kecantikan ramah lingkungan Indonesia, seperti Avoskin, Lacoco, dan Looké Cosmetics. Dilansir dari laman Forbes, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Avoskin telah membuka lebih dari 100 toko di seluruh Indonesia.

6. Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari

Saat ini, nama Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala juga termasuk orang yang terkenal menjadi crazy rich pemilik bisnis kecantikan Tanah Air. Mereka adalah bos dari merek yang sedang heboh belakangan ini, yakni MSGLOW. MSGLOW berdiri pada tahun 2013, namanya berasal dari singkatan dari motto perusahaan yaitu Magic For Skin.

Dilansir dari laman resminya, pada awalnya, MSGLOW hanya menjual skincare dan bodycare secara online. Namun, saat ini pihaknya telah membuat pengembangan hingga ke produk kosmetik dengan nama brand yang sama.

Lihat juga Video: Pencarian Serum Pria di Google Meningkat 57 Persen pada Tahun 2021

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT