ADVERTISEMENT

Viral Fee Iklan GoFood Rp 75 Ribu Jadi Rp 75 Juta, Gojek Buka Suara

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 03 Jun 2022 23:11 WIB
Logo baru Gojek
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Media sosial dihebohkan dengan foto yang menunjukkan tagihan fee GoFood Top Banner yang mencapai Rp 83,2 juta. Jumlah tersebut mencakup biaya iklan sebesar Rp 75 juta dan tambahan PPN sebesar Rp 8,2 juta.

Padahal, promo yang ditawarkan Gofood Top Banner adalah biaya Rp 5 ribu per 1.000 kali tayang, plus tambahan PPN sebesar 11%. Ketentuannya adalah jumlah view sebanyak 15.000 per satu hari.

Dengan ketentuan itu maka budget maksimal penayangan iklan dalam sehari adalah Rp 75 ribu. Namun beberapa merchant atau mitra GoFood yang sudah memasang iklan ditagih fee hingga puluhan juta.

Menanggapi berita viral tersebut, pihak Gojek akhirnya buka suara. Gojek mengakui ada kekeliruan dan meminta maaf terkait pemotongan biaya iklan GoFood Top Banner yang tidak sesuai.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi karena adanya kekeliruan pemotongan biaya iklan GoFood Top Banner. Dalam kurun waktu singkat, kami telah mengidentifikasi dan menyelesaikan isu teknis di sistem, dan saat ini pengembalian biaya iklan telah diterima secara penuh oleh mitra usaha," kata VP Corporate Affairs Food & Groceries Gojek Rosel Lavina, Jumat (3/6/2022).

Selain mengembalikan kelebihan biaya iklan, Gojek tidak membebankan biaya di hari pertama GoFood Top Banner bagi para mitra usaha. Gojek juga memberi kompensasi berupa eksposur gratis selama seminggu pada banner kampanye di bulan Juni, yang akan disampaikan via email kepada mitra usaha.

Perusahaan yang didirikan Nadiem Makarim ini memastikan kejadian serupa tidak akan terulang. Diketahui GoFood Top Banner merupakan salah satu inisiatif dari Gojek untuk membantu meningkatkan visibilitas serta potensi penjualan para mitranya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT