ADVERTISEMENT

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contoh

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 22:00 WIB
Id be lost without my cellphone
Surat lamaran kerja/Foto: Getty Images/Marco VDM
Jakarta -

Mendapat kerja adalah salah satu tujuan banyak orang, setelah menempuh pendidikan bertahun-tahun. Dari pekerjaan itu, kita nantinya akan mendapatkan gaji hingga jabatan. Tentu saja, memberikan kualitas yang bagus bisa membawa masa depan kita menjadi lebih baik dan cerah bukan?

Apa itu Melamar Pekerjaan dan Lamaran Pekerjaan?

Bagi kamu baru saja lulus sekolah dan masih belum paham, melamar pekerjaan adalah sebuah kegiatan yang sudah pasti dilakukan orang yang sedang mencari pekerjaan.

Calon pekerja akan melakukan penawaran diri, terhadap kompetensi yang dimiliki atau pada sebuah perusahaan. Hal tersebut bisa dituangkan dalam sebuah kertas resmi atau dokumen resmi yang ditandatangani dan proses wawancara.Umumnya, lamaran pekerjaan diberikan kepada perusahaan yang ingin dituju atau perusahaan di mana kamu ingin bekerja.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum bisa mendapat pekerjaan. Salah satu alasannya mungkin bisa saja terkendala akan lamaran atau proses melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja adalah salah satu bentuk komunikasi dalam proses melamar pekerjaan. Untuk itu banyak trik dan tips yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan surat lamaran pekerjaan yang menarik dengan informasi yang bagus. Karena pegawai perusahaan tersebut belum pernah bertemu kamu, maka lebih baik jika bisa bisa membuat contoh surat lamaran kerja lebih dari sebuah informasi menjadi lebih bagus dan lebih berkualitas. Surat lamaran juga bisa menunjukkan karakter dan kualitas yang bisa menambah nilai jual seseorang.

Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Bersumber dari catatan detikcom, berikut adalah tips dalam membuat lamaran kerja yang baik dan benar secara umum:

1. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta menggunakan bahasa yang resmi.

2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena kamu akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi, yang sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.

4. Hendaknya ditulis secara manual, agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan kamu. Tapi sekarang surat lamaran kerja juga bisa disertakan di email, maupun berbentuk dokumen digital.

5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan, sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.

6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu kamu menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

Format Surat Lamaran Kerja

Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume atau CV dan ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga. mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali para pelamar.

Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini ada di surat lamaran kerja:

1. Tempat dan tanggal penulisan

2. Perusahaan yang dituju

3. Salam hormat

4. Kata pengantar

5. Biodata pribadi

6. Pengalaman kerja dan skill

7. Penutup

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kepada Yth.


HRD Bank BNI Cabang Mampang

Jln. Mampang Prapatan No. 37

Dengan hormat,


Bersama dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini:

Nama : Azizah Putri Pratiwi

Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 7 April 1989

Alamat : Jln. Bunga Mawar No. 67

No. hand phone : 089234679016

Status : Lajang

Pendidikan Terakhir : Strata Satu (S1)


Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi customer service. Saya juga melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan, sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )

2. Foto copy Transkrip Nilai

3. Foto copy ijazah S-1

4. Foto copy KTP

5. Pasfoto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji, akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank BNI.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

( Azizah Putri Pratiwi )

Itulah contoh yang bisa kamu ikuti, untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Namun perlu diketahui, bahwa yang menarik bukan desain yang berlebihan. Saat ini telah banyak layanan yang menyediakan berbagai layout ataupun desain khusus untuk membuat surat lamaran kerja.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT