ADVERTISEMENT

Kapal di Wilayah Pangkep Sulawesi Selatan Ditambah, Genjot Ekonomi Lokal

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 06 Jun 2022 14:47 WIB
Tol Laut
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kemenhub menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) untuk menambah rute tambahan ke wilayah Pangkajene dan Kepulauan.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menumbuhkan sektor perekonomian di wilayah kepulauan khususnya di wilayah 3TP ( tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan).

Sementara itu, PT PELNI (Persero) menginformasikan bahwa terhitung 5 Juni 2022, KM Sabuk Nusantara 85 atau KM Sanus 85 akan melayari rute tambahan ke wilayah Pangkajene dan Kepulauan. Pelayaran perdana KM Sanus 85 diberangkatkan dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Minggu (5/6).

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro menyebutkan bahwa tambahan rute KM Sanus 85 dilatari oleh permintaan Bupati Pangkajene dan Kepulauan kepada Menteri Perhubungan.

"Permintaan tersebut dijawab oleh Kementerian Perhubungan dengan menambahkan rute tambahan KM Sanus 85, yang tadinya hanya menyinggahi 15 pelabuhan dalam satu trip. Diharapkan kehadiran KM Sanus 85 dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menghadirkan pelayaran yang aman dan mendorong perekonomian setempat," ucap Yahya.

KM Sanus 85 yang semula melayari rute Makassar - Selayar - Jinato - Kayuadi - Jampea - Bonerate - Kalatoa (PP), terhitung 5 Juni 2022, rutenya menjadi Makassar - Macini Baji - Dewakang Lampo - Kalukalukuang - P. Pammantawang - Kalukalukuang - Dewakang Lampo - Maccini Baji - Makassar - Selayar - Jinato - Kayuadi - Jampea - Bonerate - Kalatoa (PP).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT