ADVERTISEMENT

Pulau Ini Cari Guru buat Ajar 4 Murid, Tawarkan Gaji Rp 1 Miliar

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 15:42 WIB
Newtons Equations. Rear view, close-up on young man standing back against green chalkboard. He explains, solves physics tasks, retro style. Processing for retro bleached look, slight vignette added.
Foto: Getty Images/iStock
Jakarta -

Bagi kamu yang bekerja sebagai guru atau bercita-cita menjadi guru, mungkin akan tertarik dengan penawaran yang satu ini. Ada sebuah sekolah dasar (SD) di pulau terpencil, yang menawarkan gaji senilai £ 61.000 atau setara lebih dari Rp 1 miliar (kurs Rp 18.000) per tahun, untuk menjadi seorang guru sekaligus sebagai kepala sekolah.

Dilansir dari laman Metro UK, Selasa (7/6/2022), pulau kecil tempat sekolah dasar itu berada adalah Foula. Foula dikenal sebagai pulau yang indah di Skotlandia, yang hanya memiliki luas 5 m2. Letaknya hanya 16 mil dari sebelah Barat Shetland.

Pulau Foula juga dikatakan sebagai tempat berpenghuni yang paling terisolasi di Inggris. Pulau Foula berpenduduk 30 orang, jumlah ini telah dimiliki sejak pergantian abad ke-20 oleh keluarga Holborn.

Untuk sampai ke pulau Foula, pilihannya bisa melalui kapal feri selama dua jam dari Sheltand atau penerbangan dari Tringwall. Sekolah dasar itu telah dibangun sejak tahun 1992 dan memiliki total 4 murid dan 1 orang di taman kanak-kanak.

Calon guru di sana juga bekerja sebagai manajer pembelajaran awal dan pengasuhan anak. Nantinya, kepala sekolah yang baru juga akan ditawari dan diberi fasilitas rumah dengan tiga kamar tidur untuk ditinggali.

Penduduk Foula, Leona Gear, yang dibesarkan di pulau itu mengatakan bahwa, sekolah tersebut penting karena masyarakat membutuhkan keluarga untuk bertahan hidup dan terus tumbuh secara pengetahuan.

Leona menambahkan bahwa ini juga menjadi kesempatan besar, bagi seseorang untuk mengambil peran kepala sekolah sekaligus tinggal dan bekerja di tempat yang indah.

Kriteria Kandidat

Dewan Pulau Shetlands yang mengiklankan penawaran ini, mencari kandidat yang memiliki pengalaman dan kualifikasi. Adapun kualifikasi kandidatnya harus memiliki sikap yang bervisi, berenergi, inisiatif, mempunyai keterampilan komunikasi yang baik, dan disiplin. Kandidat guru yang terpilih, nantinya akan menggantikan guru sebelumnya bernama Beverly McPherson yang pensiun sejak 2019.

Namun, hidup di pulau terpencil juga mungkin saja bukan tempat yang cocok bagi semua orang. Sejatinya, karena ini adalah kedua kalinya lowongan tersebut diiklankan dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti halnya tempat yang unik, terpencil dan tradisional, akan ada beberapa kesulitan untuk membiasakan hidup di sana. Foula menggunakan kalender Julian tradisional untuk perayaan hari besar. Misalnya, perayaan Natal di sana jatuh pada tanggal 6 Januari dan tahun baru akan dirayakan seminggu setelahnya.

Melihat dari gaji dan tempat yang ditawarkan, detikers tertarik dengan kesempatan itu?

Lihat juga Video: Tekad Guru Honorer Tertua dan Bergaji Minim di Sukabumi

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT