ADVERTISEMENT

Pabrik Makanan 'Kolab' dengan Petani dan Peternak, Begini Jadinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 18:10 WIB
Harga Telur di Blitar Bisa Tutup Kerugian Peternak Blitar 15 Persen
Foto: Erliana Riady
Jakarta -

Industri makanan dan minuman saat ini berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Tahun 2021 lalu saja, kontribusi sektor makanan dan minuman ini berkontribusi terhadap industri non migas sebesar 38,05% dan 6,61% dari total produk domestik bruto (PDB).

Sektor ini juga melibatkan usaha kecil dan mikro yang jumlahnya mencapai 1,6 juta unit yang secara langsung menerap tenaga kerja sekitar 3,6 juta orang. Karena itu sektor makanan dan minuman ini harus terus tumbuh.

Berbagai cara dilakukan, misalnya pabrik makanan dan minuman PT Chateraise Indonesia Manufacturing yang merupakan perusahaan patungan dari Kelompok Usaha Gobel dengan Chateraise Group asal Jepang berkolaborasi dengan petani dan peternak setelah secara resmi perusahaan mengoperasikan pabrik di Citereup, Bogor, Jawa Barat.

Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu petani dan peternak meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk mereka, sehingga mampu memenuhi standar bahan baku industri bahan makanan dan minuman yang tinggi.

Direktur PT Chateraise Indonesia Manufacturing Regi Datau mengungkapkan produk perusahaan menggunakan bahan baku alami dan dipasok langsung dari petani dan peternak. "Dengan berdirinya pabrik ini memberi peluang bagi kami untuk meningkatkan kerja sama dengan petani dan peternak untuk menghasilkan bahan baku yang berkualitas tinggi," kata dia, Rabu (8/6/2022).

Chateraise di Indonesia merupakan kolaborasi antara Rachmat Gobel ketika bertemu dengan founder Chaiteraise Holding Hirosi Saito di kaki Gunung Fuji Jepang. Melalui konsep Farm Factory, Chateraise melakukan kolaborasi dengan petani dan peternak, dan sekaligus melakukan transfer teknologi untuk menghasilkan produk bahan baku yang berkualitas dan alami.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT