ADVERTISEMENT

Gambir Bakal Jadi Stasiun KRL, Gimana Kondisinya Sekarang?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 09:51 WIB
Menjelang libur nasional Waisak pada tanggal 16 Mei mendatang, jumlah penumpang kereta api melonjak. Tercatat ada 31.200 orang penumpang pada hari ini. (dok KAI Daop 1)
Stasiun Gambir. Foto: dok KAI Daop 1
Jakarta -

Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan Stasiun Gambir sampai saat ini masih melayani perjalanan jarak jauh seperti biasa. Stasiun yang terletak di Jakarta Pusat itu nanti disiapkan untuk melayani pejalanan KRL.

"Stasiun Gambir masih tetap melayani perjalanan jarak jauh seperti biasa," tulis DJKA Kemenhub dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI sebelumnya juga memastikan Stasiun Gambir masih melayani pelanggan Kereta Api Jarak Jauh saat ini. Stasiun Gambir tetap KAI operasikan sebagai salah satu akses masuk dan keluar Ibu Kota selain Stasiun Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta Kota.

"Terkait adanya rencana pengalihfungsian Stasiun Gambir, tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. KAI masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk hal tersebut," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (7/6/2022) kemarin.

Belakangan kabar Stasiun Gambir akan pensiun mengemuka. Hal itu terjadi seiring dengan rencana Stasiun Manggarai yang bakal jadi stasiun sentral, rencana Gambir pensiun dikabarkan akan terjadi di tahun 2025.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan Stasiun Gambir akan diprioritaskan melayani KRL pada 2025. Sedangkan Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral yang melayani Kereta Api Jarak Jauh, KRL, dan kereta bandara.

"Sesuai masterplan dan desain yang ada, KA jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Setelah Stasiun Manggarai selesai dibangun, maka Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL," ungkap Adita kepada detikcom Selasa kemarin.

Bagaimana kondisi Stasiun Manggarai saat ini? Lihat di halaman berikutnya.



Simak Video "Penumpang di Stasiun Gambir Mudik Lebih Cepat: Ikuti Anjuran Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT