ADVERTISEMENT

Mantap! Makanan dari Bandung Mejeng di Negeri K-Pop

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 11:48 WIB
Makanan RI mejeng di Korsel
Foto: Dok: Ist
Jakarta -

Rakyat Indonesia kini patut berbangga. Pasalnya, produk lokal dari UMKM asal Indonesia berhasil tembus pasar Korea Selatan. Produk tersebut ialah Amanda Sweet Kokona.

Amanda Sweet Kokona merupakan produk minuman serbuk rasa coklat asal kota kembang Bandung. Minuman coklat ini berhasil ikut serta dalam Seoul Food Festival.

"Di Seoul Food Festival, ada produk lokal Amanda Sweet Kokona," ujar Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, saat kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan pada Rabu, (08/06/2022).

Jerry mengaku bahwa dirinya bangga bisa bertemu langsung pengusaha Amanda Sweet Kokona asli Bandung Jawa Barat. Bahkan, pihaknya siap mengembangkan pasar ekspor lebih luas ke depan dengan menggaet asosiasi terkait.

"Pemerintah harus bisa menciptakan iklim usaha yang baik dan mendorong persaingan yang adil terutama di pasar global," ujar Jerry.

"Kami merasa senang bisa bertemu, mudah-mudahan bisa ekspor. Kebetulan Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) dan kemendag siap bantu dan support," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Aprindo Roy N. Mandey mengaku siap mendukung kemendag untuk memperluas pasar ekspor produk lokal.

"Perkembangan industri ritel ke depan akan sangat bergantung kepada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri. Kegiatan UMKM semakin memegang peran penting sebagai salah satu konsumen ritel," ujar Roy.

"Ke depan produk lokal akan semakin bertumbuh bila pasar ekspor sudah melonjak," tambahnya.



Simak Video "Uji Coba Kedua Peluncuran Roket Luar Angkasa Korea Selatan Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT