ADVERTISEMENT

Tolak Miskin

Podcast: Harga Mahal Merawat Borobudur

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 09:00 WIB
Podcast: Harga Mahal Merawat Borobudur
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Rencana pemerintah membatasi orang yang naik ke Candi Borobudur dengan membuat tarif baru bikin heboh. Tujuannya demi menjaga kelestarian sejarah dan budaya nusantara.

Disebutkan bahwa pembatasan dilakukan berdasarkan rekomendasi dari UNESCO serta para pakar bahwa Candi Borobudur sudah mengalami penurunan.

Yang bikin heboh adalah tarif baru yang dipatok menjadi Rp 750 ribu per orang untuk wisatawan lokal, dan US$ 100 untuk wisatawan asing. Rencana ini pun menimbulkan beragam tanggapan, ada yang kontra tapi nggak sedikit juga wisatawan yang setuju.

Bicara soal kontra, ada yang kontra karena harga dan ada juga yang kontra karena menilai cara menjaga kelestarian candi bukan dengan menaikkan harga atau tarif naik ke candi. Rencana pemerintah menaikkan harga tiket dinilai tidak ada sangkut pautnya dengan upaya menjaga situs warisan dunia tersebut.

Dengarkan penjelasannya dalam episode terbaru podcast Tolak Miskin: Harga Mahal Merawat Borobudur. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan podcast Tolak Miskin di Spotify dan kanal siniar lainnya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT