ADVERTISEMENT

Di Depan Jokowi, Pengusaha Usul Ijazah Bisa 'Disekolahkan' ke Bank

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 21:30 WIB
Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming
Foto: Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming (Istimewa)
Jakarta -

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengusulkan agar ijazah bisa menjadi jaminan untuk pinjam uang di bank. Dengan begitu, maka akan lahir pengusaha-pengusaha baru.

Hal itu disampaikan Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming dalam acara HUT Hipmi ke-50 tahun. Acara ini hadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mardani menjelaskan, yang menjadi persoalan saat ini ialah perbankan selalu menanyakan aset yang dimiliki untuk pinjam uang.

"Kita baru lulus kuliah S1 atau S2 kita kita pergi ke perbankan, kalau kita mau pinjam Rp 1 miliar yang ditanyakan perbankan punya aset tidak Rp 1 miliar," katanya.

Dia mengatakan, tak mungkin pengusaha pemula punya aset sampai Rp 1 miliar. Menurutnya, modal anak muda yang baru lulus ialah pendidikan.

"Karena anak muda modalnya bukan aset, tapi anak muda modalnya SDM dan pendidikan," katanya.

Maka itu, ia mengusulkan agar ijazah bisa jadi jaminan di bank. Dengan demikian, diharapkan akan lahir pengusaha-pengusaha baru.

"Saya mau ada regulasi yang diatur bagaimana anak muda yang lulusan S1, S2 atau S3 dia cukup memberikan ijazahnya sebagai jaminan kepada perbankan dan dia bisa menjadi memulai pengusaha pemula. Sehingga ada modal dia bekerja," terangnya.



Simak Video "Soal Teriakan 'Lanjutkan' yang Diwanti-wanti Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT